Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 09:57 WIB

Ini Cara AKR Corporindo Benahi Fokus Bisnis

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 7 Mei 2018 | 08:03 WIB
Ini Cara AKR Corporindo Benahi Fokus Bisnis

INILAHCOM, Jakarta - PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) akan menjual konsesi jalan dan pelabuhan, serta tengah mencari calon pembeli lokasi intermediate stock pile batubara.

Perseroan ingin fokus ke bisnis ritel dan proyek Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik. Perseroan memperkirakan akan dapat mengantongi dana sebesar Rp3,3-3,5 triliun dari hasil divestasi aset tahun ini.

Dana tersebut merupakan pembayaran lanjutan dari aset yang sudah dijual dan aset lain yang disiapkan untuk dilepas. Perseroan baru meraih 50% pembayaran atas divestasi aset Khalista (Liuzhou) Chemical Industries Ltd, yang berupa tanah dengan kisaran 99.267,7 m2, seperti mengutip keterangan resmi akhir pekan lalu.

Dana yang setara Rp664 miliar itu telah diperoleh pada Maret lalu. Selain itu, perseroan dalam persiapan melepas aset terkait bisnis batubara yang sebelumnya sudah didivestasi.

AKRA adalah emiten bidang industri barang kimia, perdagangan umum dan distribusi terutama bahan kimia dan bahan bakar minyak (BBM) dan gas, menjalankan usaha dalam bidang logistik, pengangkutan (termasuk untuk pemakaian sendiri dan mengoperasikan transportasi baik melalui darat maupun laut serta pengoperasian pipa penunjang angkutan laut).

Bisnis penyewaan gudang dan tangki termasuk perbengkelan, ekspedisi dan pengemasan, menjalankan usaha dan bertindak sebagai perwakilan dan/atau peragenan dari perusahaan lain baik di dalam maupun di luar negeri, kontraktor bangunan dan jasa lainnya kecuali jasa di bidang hukum.

Induk usaha dan induk usaha terakhir AKR Corporindo Tbk adalah PT Arthakencana Rayatama, yang merupakan bagian dari kelompok usaha yang dimiliki oleh keluarga Soegiarto dan Haryanto Adikoesoemo.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham AKR Corporindo Tbk adalah PT Arthakencana Rayatama (58,58%).

Komentar

Embed Widget
x