Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 00:03 WIB

AS dan Iran Tegang, Harga Minyak Dunia Makin Mahal

Oleh : - | Sabtu, 5 Mei 2018 | 13:00 WIB
AS dan Iran Tegang, Harga Minyak Dunia Makin Mahal
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Harga minyak dunia terus menguat di akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB, 5/5/2018). Dipicu potensi sanksi baru Amerika Serikat terhadap Iran, produsen minyak terbesar ketiga di OPEC.

Harga minyak telah mendapat dukungan baru-baru ini, karena pemerintahan Trump mengatakan akan menarik AS dari kesepakatan nuklir pada 12 Mei, jika tidak dapat mencapai kesepakatan dengan mitra Eropa untuk memperketat persyaratan perjanjian.

Menteri luar negeri Iran, mengatakan, Kamis (3/5/2018), tuntutan AS untuk mengubah perjanjian nuklir 2015 dengan kekuatan-kekuatan dunia, tidak dapat diterima. Demikian laporan dari kantor berita CNBC. Para investor khawatir jika sanksi AS diberikan kepada Iran, maka berkontribusi terhadap pengetatan persediaan minyak global.

Di sisi data, raksasa jasa minyak Baker Hughes melaporkan pada Jumat (4/5/2018), jumlah mingguan rig minyak di AS naik selama lima minggu berturut-turut. Jumlah rig yang beroperasi di ladang minyak Amerika meningkat sembilan rig selama minggu lalu menjadi total 834 rig.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni, naik US$1,29 menjadi US$69,72 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli, naik US$1,25 menjadi ditutup US$74,87 per barel di London ICE Futures Exchange. [tar]

Komentar

x