Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Juni 2018 | 10:40 WIB
 

Pasar Uang Cermati Kebijakan the Fed Selanjutnya

Oleh : - | Jumat, 4 Mei 2018 | 10:31 WIB
Pasar Uang Cermati Kebijakan the Fed Selanjutnya
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (4/5/2018) pagi bergerak melemah tipis sebesar satu poin menjadi Rp13.932 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.931 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail di Jakarta, Jumat (4/5/2018), mengatakan bahwa dolar AS bergerak stabil terhadap sejumlah mata uang dunia, termasuk rupiah seiring dipertahankannya tingkat suku bunga The Fed.

Ia menambahkan pergerakan mata uang yang stabil itu juga seiring dengan antisipasi pelaku pasar terhadap data upah dan tenaga kerja di Amerika Serikat.

"Setelah data itu dirilis, pelaku pasar akan mencermati arah kebijakan The Fed selanjutnya," katanya.

Pergerakan rupiah yang stabil, lanjut dia, juga seiring dengan melemahnya yield obligasi AS ke level 2,94 persen sehingga menurunkan tekanan jual di pasar obligasi domestik.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan pada pasar valas global, pergerakan dolar AS terimbangi oleh kenaikan mata uang euro sehingga turut menjaga fluktuasi pada mata uang di kawasan Asia.

"Tetapnya suku bunga The Fed dimanfaatkan sebagian pelaku pasar dengan menahan transaksinya terhadap aset investasi Amerika Serikat sehingga berimbas pada tertahannya kenaikan dolar AS," katanya. [tar]

Komentar

 
Embed Widget

x