Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 18:46 WIB

Usai IPO, Charnic Siap Caplok Perusahaan Keuangan

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Rabu, 2 Mei 2018 | 12:48 WIB

Berita Terkait

Usai IPO, Charnic Siap Caplok Perusahaan Keuangan
Anton Santoso, Direktur Utama Charnic Capital - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah resmi mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Charnic Capital Tbk (NICK) segera melakukan aksi korporasi yang lain.

Aksi korporasi dimaksud adalah mengakuisisi sebuah perusahaan finansial pada semester II tahun ini.

Anton Santoso, Direktur Utama Charnic Capital mengatakan, proses akuisisi perusahaan finansial tersebut akan dilakukan secara bertahap.

"Untuk awal kita akan akusisi sekitar 25%, setelah itu berlanjut," kata Anton usai Initial Public Offering (IPO) perusahaannya di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Anton menjelaskan untuk dana awal perusahaan yang bergerak dibidang kegiatan usaha perdagangan, jasa, pembangunan dan investasi ini mempersiapkan dana sekitar Rp24 miliar yang di dapat dari hajatan IPO.

"60% atau sekitar Rp 24 miliar akan digunakan untuk akuisisi," kata Anton.

Selain mengakuisisi, NICK juga akan menambah investasi di sektor properti sebesar 30%. Saat ini, NICK hanya fokus mengembangkan invetsasi properti di kawasan SCBD, Jakarta.

Tahun ini, NICK mengincar kenaikan laba dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya ke kisaran Rp6 miliar. Tahun lalu, perusahaan ini mencatatkan laba sekitar Rp3 miliar.

Charnic menargetkan pendapatan Rp12 miliar di tahun ini. Target tersebut naik dua kali lipat dibandingkan dengan realisasi pendapatan perusahaan di tahun 2017, yakni sebesar Rp6 miliar.

Untuk mencapai target, NICK menganggarkan belanja modal Rp10 miliar tahun ini. Sebesar Rp4 miliar diperoleh perusahaan dari hasil IPO sementara sisanya berasal dari kas internal perusahaan. Belanja modal perusahaan akan digunakan untuk penambahan tim, investasi, dan portofolio. [jin]

Komentar

x