Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 20:28 WIB

Kuartal I-2018, Telkom Catat Laba Bersih Rp5,7 T

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 1 Mei 2018 | 00:15 WIB

Berita Terkait

Kuartal I-2018, Telkom Catat Laba Bersih Rp5,7 T
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil meraih pendapatan sebesar Rp32,3 triliun sepanjang kuartal I tahun 2018.

Angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 4,3% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu, meskipun di tengah persaingan industri yang kian ketat serta dinamika industri telekomunikasi yang bergeser dari bisnislegacy (voice & SMS)ke bisnis Digital.

Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization(EBITDA) di kuartal pertama 2018 ini sebesar Rp16,1 triliun, dengan laba bersih sebesar Rp5,73 triliun.

Pendapatan BUMN ini didominasi oleh segmendata, internet andITserviceyang menghasilkan pendapatan sebesar Rp15,9 triliun naik 23,3% dibandingkan periode 2017 yang sebesar Rp12,9 triliun.

"Bisnis data, internet & ITservicemeningkat seiring dengan semakin tingginya penggunaansmartphone,bertambahnya pelanggan IndiHome dan meningkatnya layanan ICTSolutionuntuk pelanggan korporasi," ujar Direktur Keuangan Telkom Harry M Zen dalam keterangan resminya kepada media di Jakarta, Senin (30/4/2018).

Dalam segi operasional hingga kuartal pertama 2018, pelangganfixed broadbandtercatat 5,74 juta dengan layanan IndiHome mencatatkan pertumbuhan yang cukup pesat, yakni bertambah sebesar 97% dari tahun sebelumnya menjadi sebanyak 3,5 juta pelanggan. Peningkatan jumlah pelanggan IndiHome tersebut berkat perluasan dan peningkatan kualitas jaringan, perbaikan sistemInformation Technology(IT), peningkatan produktivitas teknisi dan tenaga pemasaran serta didukung oleh program pemasaran yang agresif.

Sementara itu, layananmobile broadband juga mencatat pertumbuhan jumlah pelanggan yang cukup meyakinkan, yakni tumbuh 21,3% menjadi 108,73 juta pelanggan.

UntukCapital Expenditure(Capex)pada kuartal pertama tercatat mencapai Rp6,1 triliun.Capexterutama digunakan untuk membiayai pembangunan BTS, perluasan jaringan akses dan infrastrukturbackbonetermasuk penyiapan Satelit Merah Putih dan pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang menunjang bisnisfixed and mobile broadband.

Sementara itu, entitas anak usaha Telkomsel membukukan pendapatan sebesar Rp21,9 triliun dengan EBITDA Rp12,0 triliun dan laba bersih Rp6,4 triliun. [jin]

Komentar

Embed Widget
x