Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 04:54 WIB
 

Dividen Telkom Cetak Rekor 3 Tahun

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 28 April 2018 | 04:09 WIB
Dividen Telkom Cetak Rekor 3 Tahun
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk pada Tahun Buku 2017, membagikan dividen Rp16,6 triliun kepada pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga, mengatakan dividen ini merupakan yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Sebagai perbandingan, Telkom membagikan dividen Rp13,5 triliun pada Tahun Buku 2016; dan Rp9,29 triliun pada Tahun Buku 2015. "Rapat menyetujui pembagian dividen sebesar Rp16,6 triliun yang dibayarkan kepada pemegang saham," kata Alex.

Alex menyebutkan, rapat juga menyetujui payout ratio sebesar 75%. Rinciannya, sebesar 60% atau sebesar Rp13,3 triliun merupakan dividen tunai. Sebesar 15% atau setara Rp3,3 triliun merupakan dividen spesial. Sementara sisanya yang 25% atau Rp5,5 triliun ditetapkan menjadi laba ditahan.

Dividen tunai dan dividen spesial akan dibagikan kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan per 11 Mei 2018 pukul 16.15 WIB. Sedangkan dividen tunai dan dividen spesial akan dibagikan secara sekaligus selambat-lambatnya pada 31 Mei 2018.

Alex memaparkan, sepanjang 2017, Telkom berhasil membukukan kinerja yang cukup memuaskan. Pendapatan usaha tercatat Rp128,3 triliun, atau tumbuh 10,2% dibanding 2016.

Sementara itu, EBlTDA tumbuh 8,6% menjadi Rp64,6 triliun dan laba bersih naik 14,4% menjadi Rp22,1 triliun. Dari sisi profitabilitas, margin laba bersih meningkat 0,7 ppt menjadi 17,3%.

Hal ini menunjukkan bahwa tingkat profitabilitas dapat terjaga dengan baik. Performansi keuangan yang baik tersebut menunjukkan kemampuan perusahaan untuk terus tumbuh di tengah persaingan industri telekomunikasi di indonesia yang semakin ketat.

Pertumbuhan pendapatan Perseroan masih didorong oleh kontribusi pendapatan dari segmen Data, internet dan IT Service yang tumbuh 28,7% dengan kontribusi sebesar 43,2% dari total pendapatan.

Pertumbuhan layanan Data, Internet dan lT Service meningkat seiring dengan semakin tingginya penggunaan smartphone, bertambahnya pelanggan lndiHome secara signifikan dan meningkatnya layanan ICT Solution untuk pelanggan korporasi. Kontribusi pendapatan Data, Internet & IT Service yang semakin besar menunjukkan Perseroan sudah berjalan pada jalur yang tepat untuk menjadi Digital Telecommunication Company.

Sementara itu, beban operasional dan pemeliharaan meningkat sebesar 17,1% seiring dengan pembangunan infrastruktur broadband meliputi backbone, mobile dan fixedline yang semakin agresif.

RUPST juga menyetujui perubahan Susunan Pengurus Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Perseroan. Adapun susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi hasil RUPST Tahun Buku 2017 adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris
Komisaris Utama : Hendri Saparini
Komisaris : Rinaldi Firmansyah
Komisaris : Edwin Hidayat Abdullah
Komisaris : Isa Rachmatarwata
Komisaris independen : Dolfie Othniel Fredric Palit
Komisaris Independen : Cahyana Ahmadjayadi
Komisaris Independen : Pamijati Pamela Johanna
Komisaris Independen : Margiyono Darsasumarja

Dewan Direksi
Direktur Utama : Alex J Sinaga
Direktur Keuangan : Harry M Zen
Direktur Consumer Service : Siti Choiriana
Direktur Human Capital Management : Herdy Harman
Direktur Network & lT Solution : Zuiheifi Abidin
Direktur Digital & Strategic Portfolio : David Bangun Direktur Wholesale & International Service : Abdus Somad Arief
Direktur Enterprise & Business Service : Dian Rachmawan [ipe]

Tags

Komentar

 
x