Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Mei 2018 | 01:55 WIB
 

Di Depan DPR

Dirut BTN Kenang Dana Nasabah Raib Rp240 M

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 23 April 2018 | 18:33 WIB
Dirut BTN Kenang Dana Nasabah Raib Rp240 M
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN), Maryono membenarkan ada kasus dugaan pembobolan dana deposit nasabah di Bank tersebut yang nilainya mencapai ratusan miliar di tahun 2016.

Menurut Maryono, peristiwa itu terjadi pada tahun 2016. Dari penipuan itu terjadi kerugian senilai Rp240 miliar yang dialami oleh empat nasabah. Adapun 4 korban antara lain PT Surya Artha Nusantara (SAN) Finance, PT Asuransi Jiwa Mega Indonesia, Asuransi Umum Mega serta Global Index Investindo.

"Memang kami akui ada kejadian dana nasabah dilakukan pembobolan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab," kata Maryono dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Menurut Maryono, kasus itu sudah dilaporkan kepada regulator yakni Otoritas Jasa Keuangan alias OJK. Selain itu, kasus ini sudah ditangani oleh kepolisian. Dengan demikian pihaknya akan menyerahkan kasus itu kepada pihak kepolisian.

"Menyangkut maslah pidana atau perdata kami laporkan kepada pihak berwajib (Polisi). Sehingga penyelesaian masalah ini kami serahkan pada pihak berwajib," ujar dia.

Maryono menjelskan, perkara ini bermula dari orang yang mengaku sebagai pegawaidari BTN. Disana para pelaku menawarkan produk yang ada di BTN kepada nasabah.

Kemudian, para nasabah itu setuju dengan produk penyimpanan uang yang ditawarkan. Disana nasabah mengisi formulir. Awalnya uang itu dibukakan rekening giro, kemudian dipindahkan menjadi deposito.

Namun, pada saat nasabah ingin mencairkan uang yang di deposito itu, BTN mengkonfirmasi bahwa para nasabah tidak terdaftar. BTN mengkonfirmasi para nasabah itu hanya terdaftar di rekening giro dan sudah dilakukan penarikan dana.[hid]

Komentar

 
x