Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 22:04 WIB

Menkeu AS Bertemu Pejabat China, Ini Hasilnya

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 22 April 2018 | 14:29 WIB
Menkeu AS Bertemu Pejabat China, Ini Hasilnya
Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Washington - Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin dapat mengunjungi China, dalam sebuah langkah yang dapat membantu meredakan ketegangan perdagangan yang meningkat antara dua ekonomi terbesar di dunia yang mengancam menggagalkan pemulihan ekonomi global.

Amerika Serikat telah mengancam untuk mengenakan tarif impor senilai US$50 miliar China dalam upaya untuk mencoba dan memaksa Beijing menghentikan perusahaannya dari mencuri kekayaan intelektual perusahaan-perusahaan Amerika.

"Sebuah perjalanan sedang dipertimbangkan," kata Mnuchin pada konferensi pers selama pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia di Washington pada hari Sabtu (21/4/2018) waktu AS.

"Aku tidak akan berkomentar apa-apa tentang waktu, aku juga tidak punya konfirmasi apa pun, tapi perjalanan sedang dipertimbangkan."

Beijing telah mengancam pembalasan terhadap ekspor AS jika Washington mendorong maju dengan tarif. Risiko perang perdagangan yang berputar-putar disoroti ketika Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada tim perdagangannya untuk mengidentifikasi impor lain senilai 100 miliar dolar Cina yang dapat terkena tarif.

Mnuchin mengatakan dia bertemu dengan gubernur bank sentral China yang baru, Yi Gang, selama pertemuan IMF dan Bank Dunia. Kesempatan itu digunakan untuk mendiskusikan potensi bagi China untuk membuka pasarnya ke lebih banyak kompetisi asing.

"Saya bertemu dengan orang Tionghoa di sini. Diskusi-diskusi itu benar-benar lebih seputar tindakan gubernur di PBOC (People's Bank of China) dan tindakan tertentu yang telah mereka umumkan dalam hal membuka beberapa pasar mereka, yang kami sangat mendorong dan menghargai."

Komentar

x