Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 April 2018 | 22:06 WIB
 

BTN Siap Edarkan 400 Ribu Kartu GPN

Oleh : - | Rabu, 18 April 2018 | 00:15 WIB
BTN Siap Edarkan 400 Ribu Kartu GPN
(Foto: inilahcom/Wirasatria)

INILAHCOM, Jakarta - Perseroan Terbatas Bank Tabungan Negara Persero Tbk menargetkan dapat menerbitkan 400 ribu kartu debet Gerbang Pembayaran Nasional hingga akhir 2018.

Direktur Perbankan Konsumer BTN Budi Satria di Jakarta, Selasa (17/4/2018), mengatakan ada empat keuntungan bagi nasabah jika menggunakan kartu debet Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Pertama, keamanan data nasabah karena segala tahapan pemrosesan data transaksi dilakukan di sistem pembayaran dalam negeri, tidak seperti sebelum GPN, ketika proses transaksi pembayaran menggunakan jasa prinsipal asing.

"Kedua, biaya Merchant Discount Rate (MDR) yang lebih kompetitif, karena BI menetapkan Skema harga kartu debit, dengan tarif yang dikenakan kepada pedagang oleh bank sebesar satu persen, dengan pemberian MDR khusus untuk transaksi tertentu, termasuk MDR nol persen untuk transaksi terkait pemerintah," ujarnya.

MDR merupakan komisi yang dibebankan toko/perantara kepada bank karena telah menggunakan jasa atau infrastruktur sistem pembayaran seperti mesin perekam data elektronik (EDC).

Manfaat ketiga adalah konsep GPN yang interkonektivitas dan juga interoperabilitas sehingga nasabah bisa menggunakan kartu debit GPN dari EDC bank manapun, selama digunakan di dalam negeri. Maklum, kartu debet GPN belum bisa digunakan di luar negeri.

"Kartu debit berlogo GPN saat ini bisa dimiliki nasabah dengan mengajukan aplikasi langsung ke kantor cabang. Untuk nasabah yang baru membuka rekening, BTN menawarkan kartu GPN sebagai kartu utama untuk melakukan transaksi di dalam negeri," kata Budi.

Saat ini, Budi mengklaim BTN sudah terhubung dengan empat perusahaan perantara pengalihan (switching) sistem pembayara atau sudah sesuai dengan peraturan GPN Bank Sentral yang mensyaratkan bank terjalin dengan minimal dua perusahaan "Switching".

"Kartu debet GPN ini juga diharapkan mendukung kelancaran program pemerintah misalnya dalam penyaluran bantuan sosial non tunai, elektronifikasi jalan tol dan transportasi publik, keuangan inklusif dan pengembangan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik," jelas Budi.

Bank Indonesia berencana akan meluncurkan secara serentak kartu debet GPN yang melibatkan seluruh bank di Indonesia pada 3 Mei 2018. [tar]

Tags

Komentar

 
x