Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 00:56 WIB

Qatar Airways Investasi di Anak Usaha JetBlue

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 16 April 2018 | 07:19 WIB

Berita Terkait

Qatar Airways Investasi di Anak Usaha JetBlue
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Kurang dari setahun setelah mengatakan ingin membeli sebanyak 10 persen dari American Airlines, maskapai terbesar di dunia, Qatar Airways berpikir angka itu sangat kecil.

Maskapai yang berbasis di Doha itu telah mengambil saham minoritas di JetSuite Inc., perusahaan jet swasta yang didukung JetBlue, demikian Qatar Airways mengatakan Selasa pekan lalu. JetBlue juga meningkatkan investasinya di perusahaan jet pribadi, JetSuite.

Legacy maskapai AS telah lama menduga bahwa Qatar Airways dan dua maskapai Timur Tengah lainnya, seperti Emirates dan Etihad, menerima subsidi negara secara ilegal yang telah menciptakan lapangan bermain yang tidak adil.

Qatar Airways mengungkapkan ketertarikannya pada American Airlines pada Juni lalu. CEO Amerika, Doug Parker, menyebutnya membingungkan.
"Kami tidak terlalu bersemangat tentang jangkauan Qatar," kata Parker pada saat itu.

Qatar Airways kemudian membatalkan rencana tersebut. Administrasi Trump telah melangkah ke keributan dan Qatar setuju awal tahun ini untuk mengungkapkan informasi keuangannya untuk mencoba memuluskan hubungan dengan AS.

Investasi JetSuite adalah taktik baru bagi Qatar Airways, yang telah mengakuisisi saham di sejumlah perusahaan asing. Investasi ini termasuk Cathay Pacific dan LATAM. JetSuite mengoperasikan jet pribadi, dan perusahaan saudaranya JetSuite X menawarkan penerbangan charter terjadwal pada 30 kursi pesawat di Pantai Barat.

JetBlue, yang mengambil saham di JetSuite pada tahun 2016, bermitra dengan maskapai penerbangan Teluk, termasuk Qatar Airways. Walaupun kerja sama ini ditentang oleh saingannya di AS. JetSuite berencana untuk pindah ke daerah Dallas-Fort Worth selama musim panas.

Alex Wilcox, CEO JetSuite, menolak untuk memberikan ukuran investasi tetapi menyebutnya "substansial". Wilcox mengatakan akan membantu ekspansi perusahaan.

Komentar

x