Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 September 2018 | 05:57 WIB

Peringkat Moody's Diharapkan Genjot Tren Naik IHSG

Oleh : Ahmad Munjin | Minggu, 15 April 2018 | 13:33 WIB

Berita Terkait

Peringkat Moody's Diharapkan Genjot Tren Naik IHSG
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) mengharapkan kenaikan satu level peringkat utang Indonesia menjadi stabil dari sebelumnya positif, oleh lembaga pemeringkat internasional Moodys Investors Service jelang akhir pekan ini diharapkan akan semakin memberikan tren positif.

Tren positif tersebut, menurut Oskar Herliansya, Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), bukan hanya kepada pasar modal Indonesia pada khususnya. "Akan tetapi, pengaruh positifnya juga terhadap perekonomian domestik serta kepercayaan investor akan investasi di Indonesia," kata dia di Jakarta, akhir pekan ini.

Seperti yang dikatakan dalam risetnya, Moody's menyatakan, dinaikkannya level peringkat utang Indonesia disebabkan kerangka kebijakan pemerintah yang dinilai mengalami peningkatan kredibilitas dan efektivitasnya yang kondusif terhadap stabilitas makroekonomi.

Moody's juga menyatakan kebijakan fiskal dan kebijakan moneter yang hati-hati serta pembuatan penyangga keuangan menguatkan keyakinan lembaga pemeringkat itu terhadap ketahanan pemerintah Indonesia dan kapasitasnya untuk merespon guncangan.

Asal tahu saja, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di perdagangan periode 9 hingga 13 April 2018 berhasil ditutup menguat 1,54 persen di level 6.270,32 poin dari level 6.175,05 poin pada penutupan akhir pekan sebelumnya.

Performa positif IHSG membuat nilai kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) di akhir pekan ini ikut ditutup positif sebesar 1,59 persen menjadi Rp6.979,66 triliun dari Rp6.870,15 triliun pada sepekan sebelumnya.

Rata-rata nilai transaksi harian saham di BEI selama sepekan terakhir juga mengalami peningkatan 16,55 persen menjadi Rp6,90 triliun dari Rp5,92 triliun sepekan sebelumnya.

Rata-rata volume transaksi harian saham di BEI pada pekan ini juga naik 12,89 persen menjadi 9,28 miliar unit saham dari 8,22 miliar unit saham sepekan sebelumnya.

Selain itu rata-rata frekuensi transaksi harian saham di BEI pada pekan ini juga naik 8,24 persen menjadi 383,71 ribu kali transaksi dari 354,48 ribu kali transaksi pada pekan sebelumnya.

Sepanjang pekan ini, investor asing kembali melakukan jual bersih dengan nilai Rp1,59 triliun. Sehingga sepanjang tahun ini investor asing telah mengakumulasikan jual bersih senilai Rp26,48 triliun. [jin]

Komentar

x