Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 April 2018 | 05:51 WIB
 

S&P Ubah Prospek Ekonomi Jepang Jadi Stabil

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 15 April 2018 | 12:40 WIB
S&P Ubah Prospek Ekonomi Jepang Jadi Stabil
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tokyo - S & P Global Ratings merevisi pandangan Jepang menjadi 'positif' dari 'stabil' karena ekonomi negara yang lebih kuat menetapkan panggung untuk perbaikan fiskal.

Posisi Jepang di luar negeri yang kuat, ekonomi yang makmur dan menguat, dan peran yen sebagai mata uang cadangan global mengimbangi keuangan publik yang lemah dan demografi yang merugikan. Demikian pernyataan S & P Global Ratings, Jumat (13/4/2018) seperti mengutip finance.yahoo.com.

S & P Global Ratings mengafirmasi 'A +' jangka panjang dan 'A-1' jangka pendek mata uang asing dan lokal yang tidak diinginkan peringkat kredit sovereign di Jepang.

"Pandangan positif pada peringkat jangka panjang mencerminkan prospek pertumbuhan Jepang yang lebih sehat baik dalam istilah riil dan nominal," kata lembaga pemeringkat.

Seorang pejabat di Departemen Keuangan Jepang menolak untuk mengomentari aksi terbaru S & P, tetapi mengatakan Tokyo bermaksud untuk terus bekerja untuk memperbaiki kondisi fiskalnya.

"Kami memahami mengamankan kepercayaan pasar pada obligasi pemerintah Jepang adalah tugas penting. Kami bermaksud untuk terus bekerja menuju konsolidasi fiskal, sambil melakukan yang terbaik dalam manajemen ekonomi dan fiskal."

Beban utang publik Jepang yang luar biasa adalah yang terburuk di dunia dengan ukuran ekonomi lebih dari dua kali lipat.

Komentar

 
x