Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 08:20 WIB
 

Rupiah Tertekan Negatif Potensi Bunga Fed Naik

Oleh : - | Kamis, 12 April 2018 | 11:25 WIB
Rupiah Tertekan Negatif Potensi Bunga Fed Naik
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis (12/4/2018) pagi, melemah sebesar enam poin menjadi Rp13.756 dibanding posisi sebelumnya Rp13.750 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis (12/4/2018), mengatakan bahwa adanya potensi kenaikan suku bunga The Fed menjadi salah satu faktor yang membebani pergerakan rupiah terhadap dolar AS.

"Ekonomi Amerika Serikat yang dipandang membaik membuka peluang kenaikan suku bunga The Fed pada bulan Juni, selanjutnya pada bulan September," katanya.

Ia menambahkan bahwa sikap optimistis The Fed terhadap pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang solid, berpotensi menopang dolar AS dalam beberapa hari ke depannya.

Kendati demikian, lanjut dia, setelah kekhawatiran perang dagang mereda, aset mata uang berisiko masih dilirik investor sehingga tekanan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak terlalu dalam.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan bahwa nilai tukar rupiah mengalami tekanan seiring dengan cukup tingginya risiko geopolitik antara Amerika Serikat dan Suriah.

"Di tengah situasi itu dapat memicu tekanan jual oleh investor asing di pasar saham dan obligasi di dalam negeri yang akhirnya berdampak pada nilai tkar rupiah," katanya. [tar]

Komentar

x