Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 13:08 WIB

Anak Usaha Pelindo II Cari Rp1 T dari IPO

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 11 April 2018 | 13:53 WIB

Berita Terkait

Anak Usaha Pelindo II Cari Rp1 T dari IPO
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Indonesia Kendaraan Terminal anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo) berencana untuk mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan melakukan Initial Public Offering (IPO) pada semester I tahun ini.

Rencananya dari hajatan IPO ini perusahaan bakal menargetkan mendapatkan dana segar sebesar Rp1 triliun.

Direktur Utama PT Indonesia Kendaraan Terminal, Chiefy Adi Kusmargono mengatakan perseroan sudah menunjuk penjamin emisi atau underwriter seperti Bahana Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan RHB Sekuritas.

"Kita akan melepas sekitar 30% saham ke publik untuk mendapatkan dana senilai Rp1 triliun," kata Adi di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Adi mengatakan saat ini perseroan tengah menunggu persetujuan dari Menteri BUMN, Rini Soewarno untuk rencana IPO ini. "Nantinya, dana hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan bisnis," kata Adi.

Dia menjelaskan, pengembangan bisnis dengan memanfaatkan dana IPO tersebut untuk menambah kapasitas lapangan penempatan mobil, alat berat dan spareparts menjadi 2,5 juta unit dari saat ini sebanyak 700 ribu unit. "Luas lapangan akan menjadi 89 hektar dari 31 hektar," ujar Chiefy.

Lebih lanju,t Chiefy mengungkapkan pelaksanaan IPO tidak semata-mata untuk mencari dana segar melalui pasar modal, namun sebagai upaya merangkul investor strategis yang sejalan dengan bisnis perseroan. "Kami sudah roadshow ke Thailand, nanti ke Singapura, Malayasia, Inggris dan negara Eropa lainnya," ucapnya.

Dia menegaskan, upaya mencari mitra global tersebut untuk mengembangkan bisnis terkait kegiatan ekspor. "Kami mencari mitra global itu untuk memperluas jaringan bisnis hingga ke Amerika Latin dan Timur Tengah," imbuhnya.

Chiefy menyebutkan, sepanjang 2017 perseroan telah mencatatkan pendapatan Rp422,1 miliar atau bertumbuh 34,3%, sedangkan laba bersih mencapai Rp130,1 miliar atau bertumbuh 32,2%. [hid]

Komentar

Embed Widget
x