Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 September 2018 | 05:56 WIB
Hightlight News

Xi Janji China akan Buka Diri, Percaya..?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 10 April 2018 | 11:53 WIB

Jual Ekonomi Terbuka

Xi Janji China akan Buka Diri, Percaya..?
Presiden China Xi Jinping - (Foto: forbes)

INILAHCOM, Beijing - Presiden China Xi Jinping membahas rencana untuk lebih membuka ekonomi Cina selama pidato Selasa (10/4/2018).

Langkah-langkah tersebut termasuk "secara signifikan" menurunkan tarif impor untuk otomotif, mengurangi bea masuk produk lain. Tema lain juga tentang menegakkan kekayaan intelektual hukum perusahaan asing dan meningkatkan lingkungan investasi untuk perusahaan internasional.

Alamat Xi Dalam Forum Boao untuk Asia, KTT tahunan yang telah dijuluki "Asia Davos", Xi memberikan sikapnya di tengah  meningkatnya ketegangan perdagangan antara China dan AS. Selama ini dua ekonomi terbesar di dunia tersebut telah bergantian mengumumkan langkah perdagangan menghukum satu sama lain.

Dalam pidatonya, Xi mengatakan China akan mengambil inisiatif untuk memperluas impor tahun ini dan "bekerja keras" untuk mengimpor produk yang dibutuhkan oleh penduduk.

"China tidak mencari surplus perdagangan. Kami memiliki keinginan yang tulus untuk meningkatkan impor dan mencapai keseimbangan pembayaran internasional yang lebih besar di bawah rekening giro," kata Xi, menurut terjemahan pidato tersebut seperti mengutip cnbc.com.

Selain itu, ia menggambarkan Cina sebagai negara yang di atasnya negara-negara lain telah memberlakukan hukuman perdagangan yang tidak adil. "Kami berharap negara-negara maju akan berhenti memaksakan pembatasan perdagangan normal dan wajar dari produk teknologi tinggi dan bersantai kontrol ekspor pada perdagangan tersebut dengan China," kata dia yang tidak menyebut negara tertentu.

 

1 2

Komentar

x