Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 12:24 WIB

Bursa Sydney Fokus Negosiasi dan Perang Dagang

Selasa, 10 April 2018 | 09:47 WIB

Berita Terkait

Bursa Sydney Fokus Negosiasi dan Perang Dagang
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Sydney - Pasar saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Selasa (10/4/2018), karena para investor melihat ke arah stabilitas dari ketegangan perdagangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat baru-baru ini.

Pada pukul 10.36 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 5,2 poin atau 0,09 persen menjadi diperdagangkan di 5.803,5 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas tergelincir 4 poin atau 0,07 persen menjadi diperdagangkan di 5.900,7 poin.

"Para investor bergeser kembali ke arah pertumbuhan dalam perdagangan semalam. Minyak dan logam dasar menguat sehingga saham-saham membukukan keuntungan, dan obligasi-obligasi dijual," kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy, menulis dalam catatan pagi kepada para investor.

Kekhawatiran akan perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat "ditenangkan oleh pernyataan Gedung Putih bahwa kesepakatan dengan Tiongkok dimungkinkan," meskipun ada beberapa dampak negatif pada keuntungan dari pasar AS atas berita tentang penggerebekan kantor pengacara Presiden AS Donald Trump, kata McCarthy.

"Sentimen investor adalah 'pin-balling' antara dua tema utama. Perang dagang versus negosiasi perdagangan, dan pertumbuhan yang lebih luas dibandingkan kenaikan suku bunga."

"Sentimen saat ini positif, meskipun pasar-pasar berjangka Asia Pasifik datar setelah kenaikan antisipatif kemarin. Dengan Tiongkok dan Amerika Serikat melaporkan data inflasi besok, volume lokal bisa tetap lebih rendah. Pasar emas juga tenang, menunjukkan sedikit permintaan investor untuk 'safe haven' atau lindung nilai inflasi."

Bank-bank besar Australia dibuka melemah, dengan ANZ dan National Australia Bank keduanya turun 0,56 persen, Commonwealth Bank tergelincir 0,6 persen dan Westpac merosot 0,65 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton turun 0,98 persen sementara saingannya Rio Tinto naik tipis 0,08 persen. Oil Search menambahkan 0,48 persen dan Woodside Petroleum naik 1,04 persen.

Wesfarmers menambahkan 0,25 persen, dan jaringan supermarket saingannya Woolworths naik tipis 0,15 persen.

Operator penerbangan nasional Qantas naik 0,42 persen, raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,16 persen dan kelompok biotek CSL dibuka 0,44 persen lebih rendah. [tar]

Komentar

x