Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Juni 2018 | 10:40 WIB
 

Zona Euro Mujur dari Kenaikan Suku Bunga Fed

Oleh : - | Kamis, 22 Maret 2018 | 09:25 WIB
Zona Euro Mujur dari Kenaikan Suku Bunga Fed
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Berlin - Negara-negara kawasan euro dapat mengambil manfaat dari kenaikan suku bunga di AS dalam jangka pendek, sebuah studi yang dirilis oleh Lembaga Penelitian Ekonomi Jerman (DIW Berlin) menunjukkan pada Rabu (21/3/2018).

Pernyataan DIW Berlin mengatakan kenaikan suku bunga AS berjalan seiring dengan apresiasi dolar AS, yang secara otomatis mengarah pada devaluasi euro terhadap dolar AS.

Berkat devaluasi euro, ekspor negara-negara kawasan euro akan naik sejauh bahwa mereka mampu "overcompensate" untuk dampak permintaan negatif dari Amerika Serikat, catatnya.

Peningkatan permintaan ekspor yang disebabkan oleh devaluasi euro akan dapat memicu efek ekspansif jangka pendek, sebelum kenaikan suku bunga dihambat ekspansi di kawasan euro dan memperlambat momentum ekonomi, "think tank" yang berbasis di Berlin mengatakan.

"Efek positif hanya akan bersifat sementara. Namun temuan kami akan mengurangi kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga acuan AS akan menghasilkan efek spillover dan melemahkan kawasan euro secara ekonomi," kata ekonom DIW, Max Hanisch.

Sementara itu, DIW juga menyatakan bahwa studi DIW adalah analisis struktural empiris yang meneliti hubungan rata-rata antara kebijakan moneter AS dan negara-negara kawasan euro yang berlaku antara 1999 hingga 2015. Selain kebijakan moneter, sejumlah variabel lain dapat mempengaruhi ekonomi di area euro dan nilai tukar. [tar]

Komentar

 
Embed Widget

x