Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 April 2018 | 22:22 WIB
 

Hore.. Bank Mandiri Guyur Dividen Rp9,28 Triliun

Oleh : - | Kamis, 22 Maret 2018 | 02:57 WIB
Hore.. Bank Mandiri Guyur Dividen Rp9,28 Triliun
Komisaris Utama Bank Mandiri Hartadi A Sarwono berbincang bersama Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sul - (Foto: inilahcom/Eusebio CT)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membagikan dividen sebesar Rp9,28 triliun kepada para pemegang saham atau 45 persen dari total laba sepanjang 2017 senilai Rp20,6 triliun.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (21/3/2018), pemegang saham menyepakati pembagian dividen sebesar Rp199,03 per lembar sahamnya.

Jumlah dividen Mandiri itu naik dibandingkan 2016 yang dibagikan sebesar Rp6,21 triliun, meski dengan rasio yang setara yakni 45 persen.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan rasio dividen yang cukup besar tersebut merupakan usulan perseroan.

Tiko, sapaan akrab Kartika, mengatakan tidak ada permintaan dari pemerintah selaku pemegang saham mayoritas terkait besaran dividen.

"Rasio dividen yang cukup besar 45 persen itu, murni usulan kami kepada para pemegang saham, karena melihat laba yang cukup besar pada 2017," ujarnya.

Dividen yang dibagikan Mandiri itu adalah 30 persen atau sebesar Rp6,19 triliun dari laba 2017, ditambah dividen spesial sebesar 15 persen atau Rp3,09 triliun.

Dalam RUPST tersebut, Bank Mandiri juga mengangkat empat direktur baru yakni Panji Irawan, Donsuwan Simatupang, Agus Dwi Handaya dan Alexandra Askandar.

Panji Irawan dan Donsuwan Simatupang merupakan bankir yang direkrut dari eksternal Mandiri.

Sebelumnya, Panji menjabat sebagai Direktur Treasuri dan Perbankan Internasional PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk.

Kini, Panji menjabat sebagai Direktur Keuangan Mandiri.

Sedangkan Donsuwan sebelumnya menjabat sebagai Direktur Ritel PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI) dan saat ini Donsuwan menjabat sebagai Direktur Ritel Mandiri.

Untuk Alexandra dan Agus Dwi Handaya, keduanya merupakan Senior Executive Vice President (SEVP) Mandiri yang diangkat menjadi direktur.

Alexandra kini menjabat sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan Mandiri dan Agus sebagai Direktur Kepatuhan Mandiri.

RUPST tersebut juga menyepakati rencana perseroan untuk menerbitkan obligasi berkarakter modal dengan nilai maksimum Rp1 triliun pada 2018.

Jajaran lengkap Dewan Direksi Bank Mandiri hasil RUPST, Rabu adalah Direktur Utama Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Direktur Utama Sulaiman Arif Arianto, Direktur Keuangan Panji Irawan, Direktur Korporasi Royke Tumilaar, Direktur Treasuri Darmawan Junaidi, Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Rico Usthavia Franz, Direktur Manajemen Resiko Ahmad Siddik, Direktur Bisnis dan Jaringan Hery Gunardi, Direktur Hubungan Kelembagaan Alexandra, Direktur Kepatuhan Agus Dwi Handaya, dan Direktur Ritel Donsuwan Simatupang. [tar]

Komentar

 
x