Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 23:05 WIB

Di Jabodetabek dan Jabar

Telkomsel Dominasi 33,5% Pasar Seluler

Rabu, 21 Maret 2018 | 15:28 WIB

Berita Terkait

Telkomsel Dominasi 33,5% Pasar Seluler
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Denpasar - Operator seluler Telkomsel mencatat jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek-Jawa Barat selama tahun 2017, sebanyak 45,5 juta nomor atau menguasai 33,5 persen dari total jumlah pelanggan seluler operator nasional.

"Jabotabek dan Jabar atau area II Telkomsel, menjadi wilayah penting bagi 16 operator seluler di Tanah Air. Tapi kami mampu menguasai pangsa pasar sebesar 33,5 persen, naik dari tahun sebelumnya 31 persen," kata Manager Corporate Communications Area Jabotabek-Jabar Telkomsel, Singue Kilatmaka, saat "media gathering" Telkomsel, di Denpasar, Rabu (21/3/2018).

Menurut Singue, Jabotabek-Jabar menjadi daerah perebutan pasar seluler selain karena jumlah penduduk yang besar, juga karena wilayah ini selalu menjadi yang pertama dalam setiap peluncuran produk maupun layanan seluler nasional.

Khusus di Jabodetabek, Telkomsel juga menjadi yang terbesar dengan 30,94 juta pelanggan, di mana sebanyak 2,1 juta di antaranya merupakan pelanggan pascabayar.

"Selama tahun 2017, pertumbuhan pelanggan di Jabodetabek-Jabar mencapai 19 persen dibanding tahun sebelumnya, yang didorong melonjaknya penjualan produk prabayar," ujarnya.

Telkomsel di Jabotabek-Jabar memiliki lebih dari 45.000 BTS, sekitar 1.200 di antaranya adalah BTS 4G yang mendukung TDD LTE di 2,3 GHz.

"Kami terus memperluas jaringan infrastruktur hingga ke seluruh pelosok yang belakangan menjadi salah satu penyumbang besar pendapatan dari layanan data," ujarnya.

Selama tahun 2017, layanan data tumbuh 55-56 persen, sebesar 50 persen di antaranya merupakan pelanggan data pengguna kartu prabayar.

"Untuk mempertahankan pelanggan data, Telkomsel terus menggelar inovasi layanan yang kebih kompetitif, dengan mengkombinasikannya dengan paket internet, voice dan sms," tegasnya.

Dengan harga yang lebih terjangkau, ekspansi layanan berbasis digital menjadi andalan perusahaan untuk meningkatkan pengguna layanan data dengan memadukan pengembangan infrastruktur, teknologi yang disesuaikan dengan karakter pelanggan.

Telkomsel juga memperluas kanal penjualan kartu perdana, seperti via GO-MART dan bisa diantar dengan GO-SEND dari GO-JEK untuk daerah Jakarta sekitarnya.

Hingga akhir 2017, total jumlah pelanggan Telkomsel secara nasional mencapai 196,3 juta pelanggan, dengan rata-rata pemakaian per pelanggan per bulan (average revenue per user (ARPU) sebesar Rp43.000, lebih rendah dibanding tahun 2016 sebesar Rp45.000 per pelanggan. [tar]

Komentar

x