Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 18:59 WIB

Grup Sinar Mas Incar Perusahaan di Brazil

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 14 Maret 2018 | 18:03 WIB

Berita Terkait

Grup Sinar Mas Incar Perusahaan di Brazil
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Brazil - Produsen pulp kayu, Paper Excellence telah mengajukan tawaran resmi untuk mengakuisisi Fibria Celulose SA (FIBR3.SA) Brasil.

Padahal Fibria juga telah melakukan pembicaraan tie-up perusahaan dengan saingan lain, tiga orang dengan pengetahuan langsung mengenai masalah tersebut mengatakan pada hari Senin (12/3/2018).

Menurut sumber, yang meminta anonimitas karena masalah ini masih bersifat pribadi, tawaran Paper Excellence disusun sedemikian rupa sehingga memberi nilai Fibria pada 40 miliar reais yang setara dengan US$12,3 miliar dalam waktu satu tahun, seperti mengutip reuters.

Paper Excellence yang berbasis di Belanda juga menawarkan biaya break-up sebesar 4 miliar reais jika gagal membiayai kesepakatan tersebut, kata beberapa sumber.

Paper Excellence, yang dikendalikan oleh keluarga Wijaya, yang juga memiliki Asia Pulp & Paper Company Ltd, memutuskan untuk menawar setelah laporan bahwa Fibria telah melakukan negosiasi dengan pesaing Brazil Suzano Papel e Celulose SA (SUZB3.SA), sumber tersebut menambahkan.

Menurut salah satu sumbernya, usulan Suzano kepada pemegang saham Fibria berbeda, merger tunai dan saham. Perusahaan yang dihasilkan akan memiliki aset yang saat ini dimiliki oleh Suzano dan Fibria. Tetapi beberapa pemegang saham memiliki pilihan untuk keluar dari saham mereka dan menerima uang tunai.

Paper Excellence telah menawarkan transaksi tunai sederhana. Artinya semua pemegang saham memiliki opsi untuk menjual saham mereka, kata beberapa sumber.

Saham Fibria naik hampir 4 persen pada perdagangan Senin, sementara saham Suzano turun sekitar 5 persen. Itu menandai kenaikan terbesar hari ini dan kerugian terbesar pada benchmark indeks saham Bovespa .BVSP.

Perwakilan Fibria dan Paper Excellence tidak menanggapi permintaan komentar. Orang keempat, dekat dengan Fibria, mengatakan bahwa dewan perusahaan tidak berencana untuk bertemu untuk mempertimbangkan proposal tersebut dalam waktu dekat.

Menurut orang tersebut, yang tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka mengenai masalah ini dan meminta anonimitas, para penawar melakukan negosiasi dengan pemegang saham pengendali, konglomerat industri Votorantim Participaes dan BNDESPar, cabang investasi bank pembangunan BNDES Brasil. Manajemen belum terlibat dalam diskusi.

Pekan lalu Paulo Rabello de Castro, chief executive officer BNDES, mengkonfirmasi pembicaraan antara Fibria dan Suzano.

BNDES dan Votorantim Participaes SA mengendalikan pemegang saham di Fibria. BNDES juga memiliki saham di Suzano. Sumber tersebut menambahkan bahwa dukungan BNDES akan menentukan dalam mencapai kesepakatan.

Paper Excellence mengakuisisi Eldorado Brasil Celulose SA tahun lalu seharga US$4,7 miliar. Fibria dan Eldorado keduanya beroperasi di kota Trs Lagoas, di negara bagian Mato Grosso do Sul.

Paper Excellence B.V. adalah perusahaan induk, yang melalui anak perusahaannya mengoperasikan pabrik pulp dan kertas. Ini juga menawarkan layanan pemasaran kertas. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2008 dan berbasis di Schiphol-Rijk, Belanda. Paper Excellence B.V. beroperasi sebagai anak perusahaan PT Sinar Mas Group.

Komentar

x