Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 12:39 WIB

Bayar Utang dan Ekspansi, Surya Pertiwi Siap IPO

Rabu, 14 Maret 2018 | 14:34 WIB

Berita Terkait

Bayar Utang dan Ekspansi, Surya Pertiwi Siap IPO
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Perusahaan distributor produk sanitari, PT Surya Pertiwi akan melaksanakan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2018 ini dalam rangka mendukung bisnis.

Presiden Komisaris Surya Pertiwi Mardjoeki Atmadiredja di Jakarta, Rabu (14/3/2018), mengatakan bahwa dana yang diraih dari pelaksanaan IPO itu sedianya akan digunakan untuk pembayaran utang dan ekspansi bisnis.

"Sekitar 50 persen dana IPO untuk bayar utang, 25 persen capex (capital expenditure/belanja modal) dan sisanya untuk modal kerja," paparnya.

Sementara itu, Direktur Utama Ciptadana Sekuritas Asia Ferry Budiman Tandja selaku penjamin emisi mengatakan, Surya Pertiwi akan menggunakan buku keuangan periode Desember 2017 sebagai salah satu syarat pengajuan IPO.

"Sekitar 25 persen saham perusahaan rencananya akan dilepas ke publik dalam IPO," katanya.

Sebelumnya, Senior Executive Vice President, Head of Potential Issuer Development BEI Umi Kulsum mengatakan melalui IPO, perusahaan akan memperoleh akses pendanaan lebih luas dalam rangka mengembangkan usaha, dan perusahaan akan dapat meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (good governance corporate/GCG).

"Dengan perusahaan melakukan IPO, maka perusahaan akan didorong untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik, dan juga dipantau kinerjanya oleh publik," katanya.

Pada 2018 ini, pihak BEI menargetkan sebanyak 35 perusahaan melaksanakan IPO. Dalam data BEI, sepanjang tahun ini baru terdapat dua perusahaan yang telah resmi mencatatkan sahamnya di BEI melalui IPO, yakni PT LCK Global Kedaton Tbk (LCKM), dan PT Borneo Olah Sarana Sukses Tbk (BOSS). [tar]

Komentar

x