Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 10:40 WIB
 

Hexindo Raih Royalti Merek Hitachi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 13 Maret 2018 | 11:59 WIB
Hexindo Raih Royalti Merek Hitachi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) mendapat royalti dari Hitachi Construction Machinery Co Ltd untuk menggunakan merek Hitachi Ltd (HCM).

Dengan kesepakatan kedua pihak, maka perseroan dapat mengenakan formula perhitungan brand value merek bisnis tersendiri dari HCM. Merek tersebut bisa bersama-sama dan sendiri-sendiri, ConSite, dan merek lainnya.

Merek tersebut merupakan merek bisnis dan produk milik HCM yang berbasis di Jepang. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Selasa (13/3/2018) tentang kesepakatan PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) dan Hitachi Construction Machinery Co Ltd pada 9 Maret 2018.

Perseroan rencananya akan mengadakan RUPS independen pada 28 maret 2018. Tujuannya untuk mendapat persetujuan para pemegang saham independen.

Namun setelah berkonsultasi dengan OJK, transaksi dengan Hitachi merupakan transaksi wajar berdasarkan hasil penilaian lembaga independen. Dengan demikian transaksi tersebut tidak mengandung benturan kepentingan. Artinya tidak perlu mendapat persetujuan dari pemegang saham independen.

HEXA adalah emiten perdagangan dan penyewaan alat berat serta pelayanan purna jual. Kegiatan usaha utama Hexindo adalah bertindak sebagai distributor alat-alat berat jenis tertentu (Articulated Dump Trucks, Applications & Attachments, Backhoe Loaders, Crawler Dozers,Excavators, Feller Bunchers, Forwarders, Harvesters, Log Skidders, Motor Graders, Rigid Dump Trucks, Skid Steer loaders dan Wheel Loaders) dan suku cadang. Merek alat-alat berat dan suku cadang yang dipasarkan Hexindo, yakni Hitachi, John Deere, Krupp dan Bell.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Hexindo Adiperkasa Tbk, antara lain: Hitachi Construction Machinery Co. Ltd. (pengendali) (48,59%), Hitachi Construction Machinery Asia And Pacific Pte. Ltd., Singapura (pengendali) (5,07%) dan Itochu Corporation, Jepang (25,05%).

Induk usaha Hexindo adalah Hitachi Construction Machinery Co., Ltd., yang didirikan di Jepang. Sedangkan induk usaha terakhir Hexindo adalah Hitachi Ltd., yang didirikan di Jepang.

Komentar

 
Embed Widget

x