Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 10:13 WIB
 

Wall Street Rayakan 9 Tahun Bull Market?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 11 Maret 2018 | 15:03 WIB
Wall Street Rayakan 9 Tahun Bull Market?
(Foto: Istimewa)

Sembilan tahun yang lalu, pada tanggal 9 Maret 2009, saat S & P 500 SPX, + 1,74% mencapai titik terendah 676,53 menyusul penurunan 15 bulan terjerembab, pasar bull saat ini di saham AS lahir.

Sejak saat itu, pasar telah memperoleh hampir 350% termasuk dividen. Meskipun volatilitas baru-baru ini, banteng tersebut belum menunjukkan tanda-tanda pensiun yang serius.

Istilah bull market mengacu pada pasar yang mengalami kenaikan harga. Biasanya, setetes 20% atau lebih akan memenuhi syarat sebagai pasar bullish, dan pasar bullish dan bearish dapat bersifat siklis atau struktural.

Apakah pasar bull ini benar-benar berumur 9 tahun? Investor memperdebatkan asal-usul pasar saat ini.

Investor dan analis sedang merayakan apa yang dikenal secara luas sebagai ulang tahun kesembilan dari awal arus pasar saham saat ini yang dijalankan pada hari Jumat (9/3/2018).

Dan ini tentu sebuah tanggal yang menonjol, menandai pasar beruang rendah pada tanggal 9 Maret 2009, sebuah buku teks "darah di jalanan" saat berada di tengah bencana keuangan global terburuk sejak tahun 1930an.

Dengan ukuran itu, ini juga merupakan salah satu pasar bull terpanjang dan terkuat sepanjang sejarah. Tapi penentang berpendapat bahwa sebenarnya tidak begitu kuno, kasus yang mungkin membuat sapi gemuk tidak terhibur oleh pepatah bahwa pasar banteng tidak pernah mati pada usia tua.

Februari 2016

Jumat "adalah ulang tahun yang sangat rendah, paling pasti," kata Jeffrey Hirsch, editor dari Stock Trader's Almanac, dalam sebuah wawancara seperti mengutip marketwatch.com. "Saya rasa ini bukan ulang tahun pasar bull siklis saat ini."

Kritikus menolak aturan 20% yang digunakan untuk menentukan pasar banteng dan pasar beruang. Aturan 20% menyatakan bahwa pasar beruang sedang berjalan saat aset turun 20% dari harga pasar bull-nya, sementara pasar bull dimulai setelah naik 20% dari pasar beruang rendah.

Hirsch mengandalkan parameter yang lebih spesifik yang ditetapkan oleh Ned Davis Research. Ini mendefinisikan pasar bull sebagai kenaikan 30% di Dow setelah 50 hari kalender atau kenaikan 13% setelah 155 hari kalender. Pembalikan 30% di Indeks Geometri Nilai Baris juga dihitung, katanya. Penguatan pasar menggunakan angka yang sama, namun berlawanan arah.

Intinya adalah bahwa di bawah kriteria ini, saham jatuh ke pasar beruang antara bulan Agustus dan Oktober 2011 dan lagi antara 19 Mei 2015 dan 6 Februari 2016. Jadi, itu akan membuat bullish saat ini hanya memiliki bayangan selama dua tahun.

Menurut Almanak Saham Pedagang, rata-rata pergerakan pasar bull untuk Dow Jones Industrial Average adalah 85,6%, yang akan menempatkannya pada level 29.000 se tingkat Hirsch berpikir bahwa pasar dapat menguji sebelum bull telah berjalan.


Maret 2013

Sementara itu, orang lain berpendapat bahwa tidak masuk akal untuk mengukur pasar bull dari pasar beruang sebelumnya yang rendah.

Barry Ritholtz, pendiri Ritholtz Wealth Management, telah banyak menulis topik ini. Dalam kolom Bloomberg View pada musim gugur yang lalu, dia berpendapat bahwa mengukur banteng dari pasar beruang rendah akan "serupa dengan mengukur umur Anda dari tanggal pembuahan Anda."

Sebaliknya, dia berpendapat bahwa bull saat ini lahir pada bulan Maret 2013, ketika indeks S & P 500 SPX, + 1,74% melampaui level penutupan precovalnya di 1.565.15 yang ditetapkan pada bulan Oktober 2007.

Maret 2009

Tapi masih banyak veteran pasar yang nyaman merayakan ulang tahun sembilan tahun.

"Ketika saya memikirkan kapan pasar bull dimulai, itu dari level terendah 9 Maret," kata Scott Wren, ahli strategi ekuitas global Wells Fargo Investment Institute.

Ryan Detrick, ahli strategi pasar senior di LPL Financial, mematok pasar bull sebagai second terpanjang di 109 bulan. Itu berada di belakang pelepasan 114 bulan dari Oktober 1990 sampai Maret 2009.

Selama jangka waktu berjalannya, S & P 500 naik lebih dari 300%, juga mengikuti bullish tahun 1990an yang mendapat kenaikan palang-ke-puncak 418% lihat bagan di bawah).

Apakah penting bahwa bullish, dengan ukuran ini? "Kami ingin klien kami menyadari bahwa kami jauh dari siklus ekonomi ini dan kami mendapatkan banyak stimulus fiskal apakah itu stimulus pengeluaran atau pemotongan pajak," kata Wren.

Dia mengharapkan dorongan untuk memperpanjang siklus ekonomi, kemungkinan membiarkan pasar bull merayakan ulang tahun ke 10. Namun dia memperingatkan bahwa sulit untuk memprediksi ekonomi dengan keyakinan jauh melampaui awal 2019.

Kekhawatiran terbesar, katanya, adalah sebuah kesalahan oleh Federal Reserve yang terlalu agresif yang membawa resesi berikutnya lebih dekat, dan yang bisa membawa S & P 500 dan Dow Jones Industrial Average DJIA, + 1,77% lebih rendah.

Pada akhirnya, perdebatan mengenai kapan pasar bull mulai tidak penting bagi investor daripada pertanyaan kapan akan berakhir - dan itu adalah sesuatu yang mungkin tidak ada hubungannya dengan hal itu adalah tanggal mulai.
'Wolf of Wall Street' kepada investor, Hati-hati dengan bendera merah ini

Komentar

 
x