Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 13:40 WIB
Hightlight News

Kenapa Trump Kecualikan Kanada dan Meksiko?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 11 Maret 2018 | 13:03 WIB

Taktik Trump

Lobi Kanada

Taktik Trump

Trump pertama kali menarik kaitan antara tarif logam dan NAFTA pada hari Senin dalam pesan Twitter.

Kurang dari 24 jam setelah penasihat White House Peter Navarro menyatakan bahwa tidak akan ada pengecualian terhadap tarif, Trump tweeted bahwa mereka mungkin akan pergi ke Kanada dan Meksiko "jika sebuah kesepakatan NAFTA yang baru dan adil."

Menambahkan elemen baru ke dalam negosiasi untuk menciptakan ruang gerak pada keputusan besar adalah taktik Trump yang akrab bagi David Bozell, pendukung presiden.

"Jika dia tidak melihat ada ruang untuk bermanuver, dia akan menciptakan beberapa," kata Bozell, presiden For America, sebuah kelompok politik akar rumput konservatif.

Pada hari-hari menjelang pengumuman hari Kamis, langkah perdagangan terbesar kepresidenan Trump, pemain industri utama dan mitra dagang masih dalam kegelapan tentang kontur rencana tersebut.

Presiden United Steelworkers, Leo Gerard telah menyuarakan penolakan terhadap tarif di Kanada. Sebab, industri baja dan aluminiumnya terintegrasi sepenuhnya dengan negara-negara Amerika Serikat dan di mana para pekerja diwakili oleh serikat yang berbasis di Pittsburgh.

Namun anggota ASW sudah melakukan perjalanan ke Washington untuk tampil bersama Trump saat upacara penandatanganan Gedung Putih sebelum serikat mengetahui apakah hal itu dapat sepenuhnya mendukung rencana tersebut.

"Kami tidak tahu persis apa pengecualian sampai diumumkan," kata Gerard, seorang Kanada. "Kami terus membuat kasus bahwa Kanada bukan musuh."

 

1 2

Komentar

x