Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 21:40 WIB

SMF Segera Terbitkan EBA dalam Bentuk Syariah

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 9 Maret 2018 | 13:01 WIB

Berita Terkait

SMF Segera Terbitkan EBA dalam Bentuk Syariah
Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF, Heliantopo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) berencana untuk segera menerbitkan Efek Beragun Aset dalam bentuk syariah atau yang lebih dikenal dengan menerbitkan Efek Beragun Aset Syariah berbentuk Surat Partisipasi (EBAS-SP).

Kalau tidak ada aral melintang EBAS-SP ini akan terbit pada semester 1 tahun ini.

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF, Heliantopo mengatakan proses penerbitan EBA Syariah ini tinggal menunggu fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kita lagi tunggu fatwa MUI sekuritisasi yang boleh strukturnya seperti apa? Akadnya apa? Fatwanya seperti apa? Ini lagi proses, mudah-mudahan bentar lagi terbit. Harapannya semester ini keluar," kata Heliantopo di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Heliantopo bilang nantinya kehadiran EBAS-SP ini bisa memberikan semakin banyak pilihan instrumen pendaanaan di pasar modal syariah. Selain itu, diterbitkannya EBAS-SP ini bisa meningkatkan modal bagi bank-bank syariah.

"Justru memang tujuannya unit usaha syariah itu supaya lebih leluasa dan kegiatan syariahnya lebih besar dan fokus, dan pastinya terpisah," kata dia. [hid]

Komentar

x