Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 21:38 WIB

Terbitkan EBA-SP SMF-BTN04

BTN Siap Bangun 100 Ribu Unit Rumah

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 9 Maret 2018 | 13:52 WIB

Berita Terkait

BTN Siap Bangun 100 Ribu Unit Rumah
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Keuangan dan Treasury BTN, Iman Nugroho Soeko mengatakan, uang hasil sekuritisasi aset KPR non subsidi itu akan digunakan untuk pembiayaan KPR bersubsidi.

"Jadi nanti dananya akan kita langsung kita gunakan untuk penyaluran KPR subsidi lagi," kata Iman di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (9/3/2018).

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) bersama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) melakukan kerja sama sekuritisasi aset KPR dengan menerbitkan Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP SMF-BTN04) senilai Rp2 triliun.

Tujuan penerbitan EBA-SP ini untuk mendapatkan dana segar dari para investor guna mendukung program satu juta rumah yang dicanangkan pemerintah.

Iman menjelaskan pembiayaan pembelian rumah subsidi ini bisa digunakan dengan sampai Rp100 juta per unit, itu berarti bisa bisa membiayai sekitar sampai dengan 100 ribu unit rumah bersubsidi.

"Jika 1 unit KPR subsidi pembiayaannya Rp100 juta berarti kita bisa biayai hingga 100 ribu unit. Kalau tahun lalu saja kita salurkan KPR subsidi 200 ribu unit berarti itu sudah 50%," imbuhnya.

Dengan penerbitan EBA-SP SMF-BTN04 Rp 2 triliun rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) akan naik tipis dari 18,8% menjadi 19%.

"Kalau portofolio BTN saat ini Rp 200 triliun, tentu ini hanya 1%. Jadi enggak terlalu besar juga untuk tambah CAR," ujarnya. [hid]

Komentar

x