Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 10:23 WIB
 

3 Anak Usaha BUMN Diam-diam Daftar IPO

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Kamis, 8 Maret 2018 | 12:50 WIB
3 Anak Usaha BUMN Diam-diam Daftar IPO
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - 3 anak usaha milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara diam-diam sudah menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk bisa mencatatkan saham perdananya atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Ketiga anak usaha yang dimaksud adalah PT Bank BRI Syariah, PT Waskita Karya Realty, dan PT Tugu Pratama Indonesia.

Kepala Divisi Privatisasi, Start-up, dan Foreign Listing BEI Saptono Adi Junarso mengatakan 3 anak usaha BUMN yang daftar tersebut akan menggunakan dokumen laporan keuangan periode Desember 2017, itu berarti ke-3 anak usaha BUMN tersebut akan melantai bursa pada semester awal tahun ini.

"Ada 3 perusahaan yang sudah filing dokumen PT Bank BRI Syariah, PT Waskita Karya Realty, dan PT Tugu Pratama Indonesia," ungkap Sapto di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Namun kata Sapto hanya Bank BRI Syariah anak usaha dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang sudah melakukan mini expose dengan pihak BEI, dua yang lain belum melakukan hal tersebut.

"Sejauh ini baru BRI Syariah yang telah melaksanakan mini expose, Rencananya akan melepas hingga 30% sahamnya ke publik. Dana hasil IPO tersebut akan digunakan untuk memperkuat struktur modal," katanya.

Sementara itu, PT Waskita Karya Realty adalah anak usaha emiten konstruksi PT Waskita Karya Tbk (WSKT) yang bergerak di sektor properti. Sementara itu, PT Tugu Pratama Indonesia adalah anak usaha PT Pertamina yang bergerak di sektor usaha keuangan.

Selain tiga anak usaha BUMN, BEI juga sudah menerima dokumen dari beberapa perusahaan swasta lain. Beberapa ada yang menggunakan laporan keuangan September 2017 dan ada pula yang menggunakan laporan keuangan Desember 2017.

"Kurang lebih ada total sembilan perusahaan yang sudah mengajukan dokumen untuklistingdi BEI di tahun ini," katanya. [jin]

Komentar

 
Embed Widget

x