Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 April 2018 | 22:27 WIB
 

Telkom Bangun Jaringan Bawah Laut Padang-Mentawai

Oleh : - | Rabu, 7 Maret 2018 | 09:24 WIB
Telkom Bangun Jaringan Bawah Laut Padang-Mentawai
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Padang - PT Telkom akan membangun Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yaitu pemasangan jaringan fiber optic dari Padang menuju Tua Peijat, Kepulauan Mentawai untuk mempercepat akses internet.

"Rencananya pembangunan itu triwulan keempat 2018," kata General Manager Telkom Wilayah Sumatera Barat (Sumbar), Sulkan di Padang, Rabu.

Saat ini jaringan internet untuk Kabupaten Mentawai baru bisa dinikmati di wilayah Tua Peijat Pulau Sipora. Itupun masih ada keluhan dari masyarakat karena internet yang lamban atau terputus-putus.

Jaringan yang belum maksimal disebabkan koneksi masih menggunakan jaringan radio yang belum terlalu stabil dan rentan terpengaruh kondisi cuaca.

Solusinya adalah membangun SKKL agar transfer datanya bisa lebih cepat.

SKKL berupa jaringan fiber optic bawah laut sepanjang 157 kilometer itu nanti harus dilengkapi dengan tower besar di Tua Peijat Pulau Sipora.

Tower besar itu nanti akan memancarkan sinyal melalui jaringan radio untuk jaringan internet di pulau-pulau lainnya.

Kita segera buat rencana induk untuk pengembangan ke arah itu," tambah dia.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan jaringan telekomunikasi dan internet sangat dibutuhkan di Mentawai yang sedang mengembangkan pariwisata, salah satunya melalui KEK.

Kendala ketiadaan jaringan internet itu menurut dia sebelumnya juga pernah diutarakan oleh wisatawan yang datang ke Mentawai untuk surfing atau berselancar.

"Kita dorong agar jaringan telekomunikasi dan internet di Mentawai bisa lancar untuk mendukung pariwisata daerah," ujarnya. [tar]

Komentar

 
x