Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 06:53 WIB

UMKM Berpotensi Kuasai Pasar Saham

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 6 Maret 2018 | 11:55 WIB

Berita Terkait

UMKM Berpotensi Kuasai Pasar Saham
Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI), Hamdi Hassyarbaini - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ke depan para pelaku UMKM memiliki potensi berperan aktif dalam pasar modal, sehingga mampu menggerakkan perekonomian lebih cepat lagi.

Sebab Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki posisi penting dalam perekonomian Indonesia. Apalagi hampir 97% tenaga kerja terserap oleh sektor ini, tak hanya itu sektor ini juga menyumbang 57% Produk Domestik Bruto (PDB) RI.

"Kami berharap UMKM yang ada di Indonesia suatu saat nanti bisa mendominasi pasar saham," kata Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI), Hamdi Hassyarbaini di Gedung BEI Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Namun, kata Hamdi, harapan tersebut bukanlah hal mudah. Sebab para pelaku UMKM masih terganjal beberapa persoalan seperti akses pendanaan ke perbankan, pengelolaan UMKM hingga branding yang masih cukup kurang.

Jadi wajar, bila UMKM yang masuk ke pasar saham saat ini masih sangat rendah, hal tersebut terlihat dari transaksi UMKM di pasar saham masih kecil. "Karena saat ini, secara rata-rata nilai transaksi masing-masing UKM kecil," kata Hamdi.

Di tempat yang sama, CEO yang juga Co-Founder Excellence.asia Viktor Yanuar, menilai salah satu kendala utama pengembangan UMKM di Indonesia adalah minimnya pendanaan dan rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu cara untuk mengatasi masalah itu adalah melalui pelatihan para pengelola UMKM.

"UMKM di Indonesia jumlahnya kian bertambah. Tapi peningkatan jumlah UMKM tidak diikuti dengan peningkatan kualitasnya. Dengan adanya pelatihan, harapannya UMKM di Indonesia bisa naik kelas," kata Victor.

Excellence.asia merupakan salah satu startup binaan IDX incubator, yang dibentuk Bursa Efek Indonesia (BEI). Salah satu kegiatannya adalah pelatihan berkelanjutan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), melalui program yang diberi nama Excelloka.

Nantinya kata Victor, excelloka memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas UMKM mulai dari pemasaran, penjualan, branding, pelayanan pelanggan, aspek legal, administrasi, keuangan, akuntansi, pajak, operasional, dan sumber daya manusia. Adapun pelatih ini, kata dia, tidak akan dipungut biaya.

"Program ini merupakan pelatihan yang terjangkau untuk bisnis dan individu," jelasnya.

Dia berharap, dengan dananya program ini, Excellence.asia bisa menjaring lebih dari 1.500 UMKM di Indonesia. Program ini disebut sebagai salah satu cara untuk mewujudkan rencana pemerintah yang menyerukan UMKM di Indonesia naik kelas. [hid]

Komentar

Embed Widget
x