Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 14:07 WIB

PT Indo Tambangraya Catat Laba Naik 93%

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 2 Maret 2018 | 15:03 WIB

Berita Terkait

PT Indo Tambangraya Catat Laba Naik 93%
PT Indo Tambangraya - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Sepanjang tahun 2017, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) berhasil mencatat laba bersih sebesar US$252,61 juta, lebih besar 93% dari tahun 2016.

Kenaikan laba ini ditopang dengan membaiknya harga batubara di pasar dunia yang memberikan dampak positif pada penerimaan Perusahaan. Namun demikian, kapasitas produksi perseroan menurun setelah penutupan tambang Kitadin Site Tandung Mayang di 2016 dan implikasi dampak curah hujan yang tinggi dan berkepanjangan

ITM telah mengekspor batubara secara berkelanjutan ke 14 negara di seluruh dunia. Penjualan batubara di tahun 2017 mencapai 23,1 juta ton dengan komposisi sebesar 11% dijual ke pasar domestik di Indonesia dan 89% sisanya diekspor ke 38 perusahaan pembangkit listrik dan 15 perusahaan industri umum di 13 negara lainnya.

TM memiliki tujuh WIUP yang berdekatan dan beroperasi dalam sebuah jaringan distribusi. Dengan peluang tersebut, ITM berhasil mengembangkan spesifikasi batubara untuk memenuhi kebutuhan pasar yang beragam di beberapa negara. ITM melakukan pencampuran dari sumber batubara dengan typical spesifikasi batubara; sulfur 0,1% - 2,0% dan nilai kalori 4.300 6.300 cal/g (arb).

ITM secara bertahap menjalankan proses transformasi bisnis dengan diversifikasi usaha untuk meningkatkan nilai sinergi dalam rantai pasokan. Sejak 2013, Perusahaan mendirikan dan mengakusisi beberapa anak perusahaan yang bertujuan untuk menunjang kegiatan tambang.

Dengan diakuisisinya PT Tepian Indah Sukses dan PT GasEmas di tahun 2017, ITM kembali menambah lahan konsesi dan cadangan batubara, serta mengamankan pasokan energi diesel.

Transformasi dan diversifikasi usaha energi dilakukan pada energi gas, diesel, dan pembangkit listrik. Transformasi ini memberikan perubahan signikan dalam menghemat biaya logistik, disertai dengan perubahan struktur kepemilikan saham.

Komentar

x