Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Juni 2018 | 10:36 WIB
 

Inilah Periode Krisis Bagi Buffett

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 25 Februari 2018 | 17:03 WIB
Inilah Periode Krisis Bagi Buffett
Warren Buffett - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Warren Buffett bukan penggemar menggunakan leverage untuk meningkatkan keuntungan investasi. Investasinya tidak bisa menghindari saat-saat jatuh sepanjang perburuannya meningkatkan portolionya.

Dia menjelaskan peride krisis untuk menggambarkan empat penurunan "benar-benar besar" yang merupakan pangsa Berkshire BRK.A, + 0,87% BRK.B, + 1,01% telah menderita selama 53 tahun terakhir, kata Buffett dalam surat tahunan tahun ini kepada pemegang saham Berkshire Hathaway, yang dikeluarkan pada hari Sabtu (24/2/2018) seperti mengutip cnbc.com.

Berkshire selama waktu itu telah membangun nilai dengan menginvestasikan kembali pendapatan dan membiarkan bunga majemuk "mengerjakan keajaibannya," kata Buffett. Dan sementara Berkshire telah bergerak maju dari tahun ke tahun, album tersebut tidak kebal terhadap episode "berdarah" yang digambarkan di atas.


Buffett menuliskan beberapa periode saat mengalami kejatuhan cukup dalam. Periode 1973-1975 dengan jatuh hingga 59%. Periode 1987 minus hingga 37%. Periode 1998-2000 mundur hingga 49% dan periode 2008-2009 turun hingga 51%.

"Periode ini menunjukkan argumen terkuat yang bisa saya kumpulkan untuk tidak menggunakan uang pinjaman untuk memiliki saham,"tulis Buffett.

"Tidak ada yang tahu seberapa jauh saham bisa jatuh dalam waktu singkat. Bahkan jika pinjaman Anda kecil dan posisi Anda tidak segera terancam oleh pasar terjun, pikiran Anda mungkin menjadi bingung oleh berita utama yang menakutkan dan komentar yang terengah-engah," katanya. "Dan pikiran yang tidak tenang tidak akan membuat keputusan bagus."

Saham Berkshire - seperti pasar SPX yang lebih luas, + 1,60% - pasti akan mengalami penurunan serupa dalam 53 tahun ke depan, Buffett mengatakan, menambahkan bahwa tidak ada yang tahu kapan akan terjadi.

"Ketika terjadi penurunan besar, bagaimanapun, mereka menawarkan kesempatan luar biasa kepada mereka yang tidak terhalang oleh utang," katanya.

Komentar

 
Embed Widget

x