Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 09:46 WIB

Ancang-ancang The Fed Kerek Suku Bunga Minimal 3X

Oleh : - | Sabtu, 24 Februari 2018 | 20:39 WIB
Ancang-ancang The Fed Kerek Suku Bunga Minimal 3X
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Washington - Bank sentral Amerika (Federal Reserve/The Fed) besar kemungkinan menaikkan suku bunga secara bertahap di tahun ini. Lantaran menguatnya ekspektasi prospek ekonomi.

"Komite (Pasar Terbuka Federal) memperkirakan bahwa penguatan ekonomi yang sedang berlangsung akan menjamin kenaikan bertahap lebih lanjut dalam suku bunga federal fund," kata Laporan Kebijakan Moneter setengah tahunan kepada Kongres yang dikeluarkan oleh The Fed pada Jumat (23/2/2018).

Laporan tersebut dirilis sebelum kesaksian pertama ketua The Fed anyar, Jerome Powell dalam kongres yang dijadwalkan pada 27 Februari 2018. "Ekspansi ekonomi terus didukung oleh kenaikan lapangan kerja, kenaikan kekayaan rumah tangga, sentimen konsumen yang baik, pertumbuhan ekonomi yang kuat di luar negeri, dan kondisi-kondisi keuangan yang akomodatif," kata laporan tersebut.

Laporan itu mencatat, kebijakan fiskal federal, termasuk pemotongan pajak sebesar US$1,5 triliun dan peningkatan anggaran belanja untuk tahun fiskal 2018 dan 2019, kemungkinan akan memberikan dorongan moderat terhadap pertumbuhan ekonomi 2018.

Laporan tersebut, dengan menggunakan perkiraan Fed yang sama yang dirilis pada Desember 2017, menyatakan bahwa pejabat-pejabat The Fed memperkirakan terjadi tiga kali kenaikan suku bunga pada 2018.

Meskipun terjadi gejolak pasar baru-baru ini, The Fed masih menganggap bahwa kerentanan keseluruhan di sistem keuangan AS tetap seimbang. Namun, bank sentral memperingatkan bahwa tekanan valuasi terus meningkat di berbagai aset, termasuk ekuitas dan real estat.

Dalam pernyataan publik mereka, para pejabat Fed telah mengesampingkan dampak volatilitas pasar baru-baru ini, dengan mengatakan bahwa mereka akan berpegang pada perkiraan prospek pertumbuhan yang lebih kuat dan laju kenaikan suku bunga bertahap.

Menurut risalah pertemuan kebijakan The Fed pada 30 dan 31 Januari, pejabat-pejabat Fed telah menjadi lebih percaya tentang prospek pertumbuhan dan inflasi, yang membuka jalan bagi kenaikan suku bunga secara bertahap di waktu mendatang.

Sejumlah pejabat telah meningkatkan perkiraan mereka untuk pertumbuhan ekonomi dalam waktu dekat, mengingat kondisi-kondisi keuangan yang akomodatif, pemotongan pajak yang besar dan data ekonomi domestik dan luar negeri yang solid. [tar]

Komentar

x