Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 13:42 WIB
Hightlight News

Ekspansi Alibaba Resahkan Swasta Malaysia

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 13 Februari 2018 | 14:01 WIB

Persaingan Ketat Era Digital

Monopoli Alibaba

Investasi Cina

Persaingan Ketat Era Digital

Perhatian lainnya adalah perusahaan Malaysia mungkin menghadapi persaingan ketat dengan perusahaan China, banyak di antaranya didukung oleh pemerintah di Beijing.

"Platform e-service terbuka untuk lebih banyak perusahaan Cina (kecil dan menengah) dari China," yang berarti vendor Malaysia akan menghadapi persaingan yang lebih ketat," kata Chan Xin Yin, seorang analis riset Malaysia di Nanyang Technological University Singapura.

Satish Raguchandran, pendiri Russell Taylors, perusahaan yang mengimpor dan merekayasa ulang peralatan dapur dari China, untuk dijual di Malaysia, mengungkapkan ketakutan serupa.

Perusahaan yang bersaing sebagian besar dengan harga pasti akan terkena, kata Kaul. Namun dia mengatakan bahwa pengurangan pendapatan atau pekerjaan selanjutnya akan diberi kompensasi dengan peluang bisnis yang lebih besar untuk perusahaan yang lebih efisien.

Sebagai tanggapan, Alibaba mengatakan bahwa eWTP tetap "terbuka, transparan dan inklusif," menambahkan bahwa program tersebut "tidak menguntungkan bagi usaha kecil di satu negara di negara lain."

Pemerintah Malaysia juga mencatatkan beberapa perusahaan lokal yang telah melihat kenaikan pendapatan sejak DFTZ mulai beroperasi pada bulan November.

Area potensial lain yang sulit bagi pengusaha Malaysia bisa menjadi perkembangan digital negara mereka yang relatif baru lahir.

Kuala Lumpur berada di belakang Beijing dalam hal tenaga kerja terampil dan praktik inovatif. "Untuk menutup kesenjangan antara teknologi Beijing, akan menghabiskan banyak biaya baik dari sisi keuangan maupun waktu," demikian penilaian Chan.

Tapi Alibaba berpendapat bahwa perusahaan di Malaysia memiliki keunggulan lain, dan perusahaan ingin membantu mereka meningkatkan ekspor.

"Perusahaan Malaysia memiliki banyak kelebihan alami termasuk bahasa dan pendidikan agar mereka bisa bersaing secara global," menurut juru bicara Alibaba. "Peran kami adalah menyediakan alat dan pelatihan untuk membantu lebih banyak perusahaan kecil dan menengah Malaysia online dan mengakses pasar ekspor global."

 

1 2 3

Komentar

x