Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 08:37 WIB
 

Taspen Kepincut Investasi Saham

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 13 Februari 2018 | 08:45 WIB
Taspen Kepincut Investasi Saham
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Persero)/Taspen mulai meninggalkan investasi dalam bentuk deposito, pasalnya saat ini imbal hasil dari bunga deposito sudah tak menarik lagi bagi perseroan.

Saat ini, Taspen melirik investasi dalam bentuk saham. "Memang menurunnya tingkat suku bunga BI itu telah berdampak pada penurunan bunga deposito dan fixed income. Ditambah lagi realisasi strategi alokasi investasi belum mengacu pada target RKAP. Itu semua memengaruhi capaian kinerja perseroan," kata Direktur Utama Taspen Iqbal Lantanro dalam paparan publik di Kantornya, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Untuk itu, dia menambahkan, strategi investasi perseroan di tahun ini akan diubah. Yakni akan lebih banyak investasi di pasar modal. Untuk instrumen saham yang semula hanya 8% akan ditingkatkan menjadi 20%.

"Sehingga strategi investasi kami akan diantisipasi. Ada bobot yang dikurangi dan ada yang ditambah," katanya.

Sementara itu, Direktur Investasi Taspen, Iman Hermansyah menambahkan, sejauh ini perseroan menempatkan dana di deposito dan fixed income mencapai 20%.

"Hal ini karena selama ini kita parkir dulu di deposito sambil tunggu momentum untuk tingkatkan hasil yang lebih baik. Dan tahun ini deposito akan kami turunkan hanya 10% saja," ujar dia.

Namun demikian, kata dia, untuk investasi terutama di obligasi korporasi, efek beragun aset (EBA), dan project bond akan tetap di porsi yang tinggi.

"Untuk investasi tersebut, kami akan jaga tetap sebesar 65-70%. Walaupun kupon turun. Tapi capital gain juga tinggi. Yang penting kami juga ikut mengembangkan proyek infrastruktur yang jadi program pemerintah," jelas Iman.

Secara kinerja sepanjang tahun 2017, Taspen mencatatkan laba bersih mencapai Rp721,73 miliar atau meningkat dibanding RKAP 2017 sebesar Rp684,66 miliar. [hid]

Komentar

 
x