Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 08:39 WIB
 

Dow Rontok, Ini Analisa Bos IMF

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 12 Februari 2018 | 10:45 WIB
Dow Rontok, Ini Analisa Bos IMF
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Dubai - Gejolak yang terjadi di pasar modal global bak roller coaster pekan lalu, bukanlah sumber utama perhatian untuk Dana Moneter Internasional (IMF), sebenarnya meruakan "koreksi selamat datang".

Pada KTT Pemerintah Dunia di Dubai, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde tidak mengkhawatirkannya. Walauun terjadi aksi jual pasar pekan lalu, yang membuat Dow Jones mengalami minggu terburuk dalam dua tahun.

"Ada sedikit volatilitas pasar dari satu hari ke hari lainnya, terutama yang dipimpin oleh AS," katanya. "Tapi jika membandingkan valuasi pasar dari minggu lalu, terjadi koreksi pasar antara 6 sampai 9 persen. Terus terang, mengingatkan tentang harga aset sangat tinggi, menurut kami selamat datang koreksi," katanya ketika ditanya apakah ini adalah sesuatu yang perlu dikhawatirkan dari perspektif IMF, seperti mengutip cnbc.com.

Baca: Dow Rontok: Ini Total Kerugian Investor Kakap AS


S & P 500 secara resmi jatuh ke wilayah koreksi pada hari Kamis, turun lebih dari 10 persen dari puncaknya pada bulan Januari. Analis keuangan telah lama memperingatkan bahwa pasar bullish yang meroket pada tahun lalu pada suatu titik akan mengalami koreksi yang melengking karena harga sahamnya yang sangat tinggi.

Artinya tampaknya pekan lalu merupakan tanda pertama. Meskipun para ahli terbagi atas apakah pasar telah mencapai titik terendah atau apakah akan berlanjut.

Namun kepala IMF mengingatkan sentimen dari banyak bos bank dan investor lainnya terhadap perkembangan pekan ini. Artinya yang mencatat bahwa fundamental seperti tingkat pertumbuhan PDB global dan pendapatan perusahaan masih kuat. Jadi ini pada dasarnya tidak akan mempengaruhi kemampuan ekonomi atau negara-negara yang sebenarnya untuk melanjutkan pertumbuhan.

"Kami telah mengamati bahwa meskipun volatilitas, saluran pasar dan pipa dan mekanisme telah berjalan dengan baik, dan kami juga melihat bahwa pembiayaan masih banyak dan sangat tersedia untuk pembiayaan ekonomi," kata Lagarde.

"Jadi koreksi terjadi, hal itu akan terjadi, dan dari situ lah kita melihatnya."

Komentar

 
x