Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 04:35 WIB

IHSG Ambles 1%

BEI Tegaskan IHSG Masih Aman

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 9 Februari 2018 | 15:17 WIB

Berita Terkait

BEI Tegaskan IHSG Masih Aman
Direktur Penilaian Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat - (Foto: inilahcom/M. Fadil Dj)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan tidak ada masalah dengan perdagangan saham pada hari ini, Jumat (9/2/2018), padahal pada pembukaan tadi pagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 65 poin atau turun 1% ke posisi 6.480.

Otoritas bursa baru akan menghentikan perdagangan saham jika IHSG anjlok sampai dengan 10%. "Aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, kalau market mengalami penurunan sampai batas tertentu dalam beberapa hari, OJK bisa menghentikan perdagangan. Itu kalau 10%, jauh lah," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat di Gedung, BEI.

Samsul bilang penghentian bursa saham pernah terjadi ketika terjadi penurunan IHSG melebihi 10%. "Kalau tidak salah dulu pernah di 2011 atau 2010, pada saat habis Lebaran, market berfluktuasi terlalu besar. Tapi, tidak juga itu cuma satu saham atau bagaimana gitu. Tidak pasar secara keseluruhan," katanya.

Pada intinya, dia mengaku penghentian perdagangan saham yang menentukan OJK. Karena, OJK mempunyai kewenangan penuh, hal itu ada dalam undang-undang (UU) pasar modal. [hid]

"OJK mempunyai kewenangan untuk memghentikan perdagangan dI bursa. Jika ada force major segala macam atau misalnya market turun sampai level yang telah ditetapkan. Itu pun gunanya untuk menjaga stabilitas pasar," tegas Samsul. [hid]

Komentar

x