Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 Juni 2018 | 08:48 WIB
 

Inilah Anggota Apindo Siap IPO Tahun Ini

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 7 Februari 2018 | 15:25 WIB
Inilah Anggota Apindo Siap IPO Tahun Ini
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Dua anggota dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) akan mencatatkan saham perdananya pada tahun ini. Kedua perusahaan tersebut bergerak di bidang industri perkebunan kelapa sawit dan batu bara.

"Jadi memang di 2018 yang sudah pasti konfirm adalah perusahaan nya Pak Nagian Toni dan Pak Herman. Tetapi saya yakin akan ada beberapa perusahaan lagi yang akan bergabung di 2018," kata Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Bahkan menurut Hariyadi, secara ukuran sudah ada sekitar 500 perusahaan anggota Apindo yang berpotensi untuk IPO. "Kemauannya saja yang perlu didorong," kata Hariyadi.

Saat ini, kendala dari perusahaan-perusahaan tersebut hanya kendala psikologis saja. Oleh karena itu, bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia, Apindo akan melakukan sosialisasi tentang go public.

Dua perusahaan itu bergerak di bidang batu bara dan kelapa sawit. Salah satu perusahaan itu ialah PT Mahkota Grup yang berasal dari Sumatera Utara. PT Mahkota Grup merupakan pabrik pengelolaan kelapa sawit.

Direktur Independen PT Mahkota Grup, Nagian Toni, menuturkan perusahaannya akan melakukan IPO pada Juni mendatang. Sekitar 20% sampai 30% saham akan dilepas pada saat IPO tersebut.

Alokasi dana nantinya akan digunakan untuk ekspansi pembangunan pabrik penyulingan atau refinery. Dia menyebut aset perusahaan yang dimiliki saat ini sekitar Rp 1 triliun.

"Sekitar bulan Juni kita akan IPO, 20% sampai 30% saham akan kita lepas ke publik, sekuritasnya kita sudah tunjuk Panin," ujarnya. [hid]

Komentar

 
x