Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 22:23 WIB

AIIB Ajak Malaysia Biayai Infrastruktur di ASEAN

Oleh : - | Rabu, 7 Februari 2018 | 04:39 WIB
AIIB Ajak Malaysia Biayai Infrastruktur di ASEAN
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Kuala Lumpur - Bank Investasi Infrastruktur Asia (Asian Infrastructure Investment Bank/AIIB) menggandeng Malaysia untuk mendukung pembangunan infrastruktur di kawasan ASEAN.

Hal itu disampaikan Presiden AIIB Jin Liqun saat menghadiri Simposium Pasar Modal Dunia di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (6/2/2018). Dia mengatakan, proyek infrastruktur di kawasan ASEAN yang potensial meliputi transportasi, transmisi pembangkit tenaga listrik, pelabuhan laut dan bandara. Semua proyek tersebut telah mengajukan permintaan pendanaan kepada AIIB.

Jin mencatat, keberhasilan negara-negara ASEAN dalam mengurangi kemiskinan telah meningkatkan permintaan akan tenaga listrik dan transportasi.

"Saya pikir kawasan in (ASEAN) masih perlu memperkuat investasinya dalam transportasi, seperti jalur kereta cepat, jalan bebas hambatan, jalan-jalan raya dan pelabuhan-pelabuhan," kata Jin.

Jin menyebut Malaysia telah mengalami kemajuan besar di sektor infrastruktur dalam dekade terakhir. "Dengan kapasitas perusahaan Malaysia, kita bisa bekerja sama mendukung infrastruktur di negara-negara tetangga atau belahan dunia lainnya," kata Jin.

Dia percaya bahwa Malaysia akan terus memainkan peran kunci dalam pembangunan dan bekerja sama dengan bank.

"Ada banyak cara untuk bekerja sama. Misalnya, kami ingin merekrut warga negara Malaysia untuk bergabung dengan bank karena Malaysia memiliki pengalaman pembangunan yang baik dalam dekade terakhir," katanya.

Mengomentari lembaga keuangan internasional yang ada - Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia, Jin meyakinkan AIIB adalah pelengkap bukan pesaing.

"Kami harus mengakui kontribusi luar biasa dari kedua bank ke kawasan ini. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa perkembangan kawasan Asia banyak berutang pada bank-bank ini," katanya, menambahkan bahwa AIIB akan menyesuaikan diri dengan ceruk dalam sistem keuangan saat ini.

Baginya, AIIB berfokus secara eksklusif pada sektor-sektor infrastruktur dan produktif lainnya. Menurut Jin, dalam dua tahun operasi, AIIB telah berhasil mendanai 22 proyek dengan total pinjaman mencapai 4,2 miliar dolar AS.

Atas perhatian pada proyek-proyek yang didanai bank tersebut, Jin mengatakan bahwa bank tersebut berfokus pada proyek infrastruktur berkualitas tinggi yang stabil secara finansial dan memiliki dukungan masyarakat lokal. [tar]

Komentar

x