Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Mei 2018 | 14:05 WIB
 

Inilah Hasil Penilaian IBPA untuk Komodo Bond

Oleh : - | Sabtu, 3 Februari 2018 | 12:12 WIB
Inilah Hasil Penilaian IBPA untuk Komodo Bond
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) melakukan penilaian, penetapan, dan penerbitan harga pasar wajar atas surat utang global berdenominasi rupiah alias Komodo Bond.

"Dengan melakukan penilaian, penetapan, dan penerbitan harga pasar wajar Komodo Bond diharapkan dapat menjadi acuan bagi investor maupun pelaku pasar dalam setiap pengambilan keputusan investasi baik di pasar primer ataupun sekunder," kata Direktur IBPA Wahyu Trenggono dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Ia menambahkan bahwa penilaian, penetapan, dan penerbitan harga pasar wajar oleh IBPA juga sejalan dengan komitmen kami untuk selalu mendukung upaya-upaya diversifkasi instrumen investasi khususnya surat utang dan sukuk di Indonesia.

Saat ini, ia mengemukakan bahwa di pasar sekunder terdapat dua seri Komodo Bond yang diterbitkan oleh dua perusahaan Indonesia, yaitu PT Jasa Marga (persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (persero) Tbk.

IBPA merupakan lembaga penilaian harga efek (LPHE) yang fokus melakukan valuasi terhadap surat utang (obligasi), obligasi syariah (sukuk). Perseroan telah melakukan valuasi atas 832 seri obligasi dengan total jumlah outstanding senilai Rp3.249,21 triliun.

Terdiri dari obligasi SUN sebesar Rp2.106,74 triliun, obligasi SUN global Rp718,27 triliun, dan obligasi korporasi Rp424,20 triliun.

Selain itu, IBPA juga melakukan valuasi terhadap 14 seri efek beragun aset (EBA) dengan jumlah nominal Rp8,13 triliun, dan 106 seri medium term notes (MTN). Dengan nilai nominal Rp22,16 triliun. Cakupan valuasi IBPA mencapai 94,61% dari SBN dan 99,11% dari seluruh obligasi korporasi. [tar]

Komentar

 
x