Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 04:38 WIB

Merger BTPN dan Sumitomo Belum Lapor OJK

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 2 Februari 2018 | 13:54 WIB

Berita Terkait

Merger BTPN dan Sumitomo Belum Lapor OJK
Ketua DK OJK, Wimboh Santoso - (Foto: inilahcom/Fadil Dj)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) Wimboh Santoso mengaku belum menerima laporan terkait rencana penggabungan/merger antara PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

"Saya belum dapat informasi ke meja saya," kata Wimboh saat di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Wimboh bilang untuk aksi korporasi biasanya perbankan akan mengirimkan surat resmi ke OJK terlebih dahulu, namun hingga kini kedua perusahaan yang dimaksud belum juga mengirimkan surat ke OJK. "Apakah sudah mengirimkan surat?," tanya Wimboh lagi.

Wimboh menjelaskan banyak mekanisme yang bisa dilalui perusahaan jika ingin melakukan merger perusahaannya dengan perusahaan lain, tentunya mengikuti aturan yang berlaku. "Bagaimana kaidah-kaidah teknikal kalau perusahaan dijadiin satu, nanti ada prosedur-prosedurnya. Atau membentuk salah satu menjadi holding bisa juga. Opsi-opsi ini bisa dipilih," katanya.

Wimboh menuturkan, saat ini perbankan tengah berkonsolidasi mengingat persaingan antar perbankan semakin ketat. "Sehingga persaingan akan semakin ketat. Biasanya mereka berpikir digabung mempunyai kekuatan yang lebih besar sehingga efektif dalam investasi, teknologi, dan menyewa staf yang canggih. Dan harapan kita mengarah ke sana," kata Wimboh. [hid]

Komentar

x