Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 22:22 WIB

OJK Pacu Peran Pasar Modal Danai Infrastruktur

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 2 Februari 2018 | 13:17 WIB
OJK Pacu Peran Pasar Modal Danai Infrastruktur
Ketua DK OJK, Wimboh Santoso - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - OJK sangat berkepentingan untuk mendorong dan mempercepat pemanfaatan regulasi pasar modal untuk menopang pembiayaan proyek infrastruktur secara lebih konkret dan dalam jumlah yang signifikan.

Hal ini sesuai dengan salah satu program ekonomi prioritas pemerintah saat ini, yakni pembangunan infrastruktur. Ketua DK OJK, Wimboh Santoso mengatakan saat ini potensi himpunan dana yang berasal dari pasar modal untuk pembangunan infrastruktur masih perlu ditingkatkan kembali.

"Kalau kita lihat sampai akhir tahun lalu, kita cukup puas. Namun kita sebenarnya masih punya harapan yang lebih dari itu, potensi masih ada ruangnya masih cukup lebar," kata Wimboh di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Untuk meningkatkan peran pendanaan dari pasar modal, Wimboh menambahkan pemerintah harus pro aktif dengan menjemput bola, salah satu cara yakni dengan membuat pilihan instrument investasi makin banyak.

"Kita buat flatform instrument yang lebih banyak, supaya emiten itu dengan kondisi yang berbeda bisa mengeluarkan instrument yang sesuai dengan investor," katanya.

Wimboh melanjutkan, upaya ini telah membuahkan hasil dengan telah dikeluarkannya Pernyataan Efektif untuk penerbitan tiga instrumen pasar modal tepat pada tanggal 10 Agustus 2017 kemarin dengan nilai mencapai Rp12 triliun yang langsung digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur jalan tol, bandara, dan ketenagalistrikan.

Dan mendorong pemanfaatan instrumen pasar modal untuk pembiayaan infrastruktur lainnya seperti Dana Investasi Infrastruktur berbentuk KIK, Efek Beragun Aset (EBA) termasuk EBA Surat Partisipasi, Dana Investasi Real Estate baik yang konvensional maupun Syariah, Reksa Dana Penyertaan Terbatas, Reksa Dana Target Waktu, Dana Investasi Multi Aset berbentuk KIK. [hid]

Komentar

x