Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Mei 2018 | 14:17 WIB
 

Reksa Dana Bursa Miliki Keuntungan Lebih Baik

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 2 Februari 2018 | 12:01 WIB
Reksa Dana Bursa Miliki Keuntungan Lebih Baik
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Pinnacle Persada Investama (Pinnacle Investama) menggandeng PT Indo Premier Sekuritas sebagai dealer partisipan dalam menerbitkan Exchange Traded Fund (Reksa Dana Bursa/ETF).

Menurut Direktur BEI, Nicky Hogan, ETF merupakan produk investasi ideal yang ditawarkan di BEI, karena instrumen ini akan memudahkan investor untuk mengatur strategi pengelolaan dan pencapaian target imbal hasil portofolio.

"ETF memiliki tingkat risiko yang terdiversifikasi dan tetap menjanjikan keuntungan lebih baik. Sekarang sudah ada 15 ETF yang diperdagangkan di BEI," kata Nicky saat pencatatan sebagai produk ke-15 di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (2/2/2018).

Di tempat yang sama, President & CEO Pinnacle Investment, Guntur Putra mengatakan pihaknya meluncurkan ETF berbasis Environment, Social and Governance (ESG ETF) dengan ticker XPSG. Produk ini fokus terhadap aspek lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.

"Kami selaku Manajer Investasi berbasis teknologi informasi, hari ini meluncurkan ETF berbasis ESG. Produk yang ke-15 ini diharapkan bisa meningkatkan animo masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal. Ini bukti komitmen kami mendorong pertumbuhan ekonomi," papar Guntur.

Dia menjelaskan, XPSG berinvestasi pada emiten likuid dengan kapitalisasi pasar yang besar serta memiliki prinsip ESG. Seleksi dan pemilihan emiten juga menggunakan beragam kriteria, sehingga produk ini bisa meminimalisasi eksposur ke perusahaan yang tidak sesuai dengan prinsip ESG.

Guntur mengungkapkan, Pinnacle akan menerapkan Robust ESG Framework untuk memberikan dampak positif bagi investor. "Fokus kami berinvestasi pada emiten berkarakteristik positif dalam aspek lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik," ucapnya.

Dia menyebutkan, pada produk XPSG ini perseroan menjalin kerjasama dengan Indopremier sebagai dealer partisipan dan PT Bank Central Asia Tbk sebagai bank kustodian. "Umur kami sebagai Manajer Investasi yang masih sangat muda mampu menerbitkan ETF. Ini bukti komitmen kami mendorong pengembagan pasar modal," imbuhnya.

Guntur menambahkan, XPSG merupakan produk ETF terbaru berbasis ESG yang sedang tren di pasar keuangan global. XPSG akan menjadi reksa dana ETF aktif pertama di Indonesia yang berbasis ESG. Kami senang bisa menawarkan market exposure yang lebih efisien terhadap emiten yang likuid dan berkapitalisasi besar," katanya. [hid]

Komentar

 
x