Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 September 2018 | 18:45 WIB
Hightlight News

Bagaimana Mengubah US$3.000 Jadi US$50 Juta?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 29 Januari 2018 | 06:39 WIB
Bagaimana Mengubah US$3.000 Jadi US$50 Juta?
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, New York - Sekeras mungkin untuk percaya, adalah mungkin untuk mengubah satu investasi US$3.000 menjadi US$50 juta dalam satu masa.

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya telah melakukannya, tapi saya akan menunjukkan bagaimana Anda bisa melakukannya," kata Paul Merriman, kolomnis yang berkomitmen untuk mendidik orang-orang dari segala umur untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi pensiun mereka.

Pendiri Merriman Wealth Management, firma penasihat investasi yang berbasis di Seattle, dia adalah penulis banyak buku tentang investasi, seperti mengutip marketwatch.com, Minggu (28/1/2018).

Menurut Merriman, ini adalah tatanan yang sangat tinggi, yang membutuhkan seumur hidup dan lebih dari satu orang untuk melaksanakannya. "Jika Anda orang tua atau kakek, Anda bisa melakukan ini. Suatu hari nanti, seorang anak atau cucu bisa sangat bersyukur bahwa Anda melakukannya."

Ini adalah kolom keempat dalam rangkaian bunga majemuk, yang terkenal dikutip oleh Einstein sebagai salah satu keajaiban dunia. "Untuk latar belakang yang berharga, Anda mungkin ingin membaca kolom pertama, kedua dan ketiga dalam seri ini."

"Rencana yang akan saya jelaskan bukanlah sihir. Ini adalah resep dengan empat bahan penting, investasi awal sebesar US$3.000 Roth IRA. Investasi yang cenderung tumbuh 12% dalam waktu yang sangat lama. Masa hidup yang panjang (ditambah kesabaran yang banyak).

Mau mencobanya? Begini caranya, menggunakan bayi imajiner bernama Brendon untuk contohnya.

Saat Brendon lahir, sisihkan sejumlah US$3.000. Investasikan di ETF atau reksadana yang memegang saham dengan nilai kecil. (Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, periksa podcast saya yang disebut The Best Small-Cap-Value ETF.)

Tinggalkan uang di kelas aset itu untuk tumbuh. Dan tumbuhlah. Begitu Brendon memperoleh penghasilan kena pajak, mulai menyumbangkan uangnya ke rekening Roth IRA atas namanya, menjaganya tetap diinvestasikan dengan nilai kecil.

Dengan cara itu, setidaknya di bawah peraturan pajak saat ini, tidak akan dikenakan pajak. Lakukan ini setiap tahun sampai semua uang itu ada dalam rekening Roth.

Dengan asumsi bahwa Brendon meninggalkan uang ini sendirian dan terus bertambah dengan 12%, saat berusia 65 tahun, investasi satu kali $ 3.000 dengan nilai kapital kecil bernilai sekitar US$4,75 juta.

"Itu masih jauh dari US$50 juta. Mari ikuti uangnya dan lihat bagaimana skenario ini dimainkan."

Asumsikan bahwa pada 65 Brendon mulai menarik 5% dari saldo akun nilai kecilnya setiap tahun. Tahun pertama, dia mengeluarkan US$237.281. (Bandingkan angka itu dengan investasi US$3.000 Anda.) Karena uang terus bertambah pada tingkat 12%, keseimbangannya tumbuh, dan begitu pula penarikan tahunannya.

Saat dia berusia 70 tahun, dia akan mengeluarkan US$323.572, berdasarkan nilai akunnya sebesar US$6,47 juta. Pada usia 80, akun ini bernilai sedikit lebih dari US$12 juta, dan dia mengeluarkan US$601.710, secara teoritis tanpa kewajiban pajak.

"Jika kita menganggap Brendon mempertahankan ini sampai kematiannya pada usia 95 tahun (penarikan tahunan terakhirnya adalah US$1,5 juta), akunnya akan bernilai sekitar US$30,5 juta. Mulai usia 65, dia akan mengeluarkan total US$21,6 juta. Nilai akhir ditambah semua penarikannya mencapai lebih dari US$50 juta dari US$3.000 awal Anda. Dan, mungkin, sangat sedikit itu akan dikenakan pajak."

Jadi, mari bertanya pada diri sendiri: Apa yang salah dengan ilustrasi ini?

Pertama, return masa depan 12% tidak terjamin. Bukan dengan tembakan panjang. (Itulah mengapa investasi ini paling baik dilakukan dengan uang yang tidak penting untuk kesejahteraan masa depan Brendon.)

Kedua, pada saat Brendon adalah orang dewasa muda dia akan tahu bahwa dia memiliki banyak uang, dan dia harus menahan godaan untuk membelanjakannya.

Ketiga, sangat tidak mungkin undang-undang pajak hari ini akan tetap tidak berubah selama 95 tahun berikutnya. Kongres bisa menemukan cara untuk mengumpulkan akumulasi kekayaan di dalam Roth IRA.

Keempat, Brendon suatu hari nanti harus melepaskan separo rekeningnya dalam perceraian.

Kelima, gajah di ruangan itu, jadi untuk bicara, adalah inflasi. Penarikan $ 237.281 terdengar seperti seember uang pada usia 65. Tapi saya hampir bisa menjamin bahwa satu dolar di tahun 2080 tidak akan sama nilainya seperti pada tahun 2015.

Dengan asumsi inflasi 3% di masa depan, dalam dolar hari ini, akun Brendon pada usia 65 tahun akan bernilai US$694,821, dan penarikan pertamanya akan bernilai US$34.741. (Yang tampaknya jauh lebih tidak spektakuler daripada angka sebelumnya yang saya kutip, namun daya beli sesungguhnya, penarikan tunggal tersebut memiliki lebih dari 11 kali nilai sebenarnya dari keseluruhan investasi awal US$3.000 Anda.)

Pada akhir hidupnya di usia 95, penarikan pensiun tahunan Brendon akan berjumlah sekitar US$1,83 juta, dan akunnya akan bernilai sekitar US$1,84 juta.

Di sana, dalam dolar "nyata", adalah hasil: US$3.000 menjadi US$3,6 juta.

Brendon tidak harus berbuat banyak untuk mencapai hasil ini, kecuali mungkin membayar beberapa pajak di sepanjang jalan. Agaknya dia akan memiliki pendapatan discretionary untuk diinvestasikan di akun pensiunnya sendiri. Yang ditambah (jika dia beruntung) Jaminan Sosial dan tabungan lainnya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan pensiunnya.

Itu berarti akun nilai kecil mungkin tersedia baginya untuk "ekstra". Dan itu juga menyediakan uang yang sangat murah hati ($ 1,84 juta dolar hari ini) agar dia bisa pergi ke ahli warisnya.

Dimulai dengan US$3.000 ketika Brendon lahir bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai hasil seperti ini.

Anda bisa menginvestasikan US$365 setahun sampai Brendon berusia 21 dan mengandalkannya untuk melanjutkan investasi sebesar US$3.600 ketika Brendon berusia 21 tahun dan kemudian mengandalkan Anda atau Brendon untuk terus menambahkan US$3.600 setiap tahun sampai dia berusia 64 tahun.

"Atau Anda bisa menunggu sampai berusia 25, investasikan US$5.500, lalu hitung dia untuk menambahkan jumlah yang sama setiap tahun sampai dia berusia 64 tahun. Dalam masing-masing skenario tersebut, jumlah penarikan ditambah nilai akhir hampir sama, mulai dari US$52 juta sampai US$59 juta."

Namun Anda melakukannya, skenario ini menggambarkan bagaimana pendekatan jangka panjang dapat menciptakan peluang bagi generasi masa depan dalam keluarga. Dan, tentu saja, tidak perlu memulai dengan US$3.000. Bahkan hadiah awal US$1.000 bisa menghasilkan hasil yang sangat memuaskan dalam seumur hidup yang panjang. Anggap ini sebagai Einstein tentang steroid. Topik ini memiliki banyak sisi.

Komentar

Embed Widget
x