Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 06:58 WIB

Inilah Alasan Saham Perbankan Bisa Jadi Pilihan

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 25 Januari 2018 | 14:17 WIB

Berita Terkait

Inilah Alasan Saham Perbankan Bisa Jadi Pilihan
Direktur Strategi Bisnis dan Keuangan BRI Haru Koesmahargyo - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Saham perbankan masih menarik perhatian pasar. Imbal hasil atau return yang tinggi jadi alasan. Bila dihitung sejak awal tahun atau year to date (ytd), harga saham sektor perbankan rata-rata sudah naik sebesar 38%.

"Saya boleh sampaikan kepada investor, perbankan atau keuangan menjadi sektor pilihan berinvestasi kedepan," kata Direktur Strategi Bisnis dan Keuangan BRI Haru Koesmahargyo dalam sebuah diskusi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Kamis (25/1/2018).

Menurut dia sektor perbankan pada 3 tahun terkahir cukup dibilang dalam kondisi yang berdarah-darah lantaran kondisi ekonomi global yang masij diselimuti ketidakpastian.

"Tiga tahun terakhir memang sektor ini menunjukan antiklimaks, dimana rata-rata laopran keuangan seperti pertumbuhan kredit dan laba menurun," katanya.

Pada saat itu, kata Haru pada medio 2015-2016 rata-rata net profit sektir sektor perbankan mengalami penurunan sebesar 6,7%. "Baru di 2016 ada peningkatan mulai sedikit bangkit tumbuh 1,8% dan 2017 walaupun belum semua tetapi sudah menunjukan peningkatan yang cukup tinggi 16%," katanya.

Di 2017, lebih lanjut Haru mengatakan sektor perbankan rata-rata sudah menuju arah konsolidasi perbaikan yang cukup baik dan dibarapkan akan terus berlanjut sampai dengan 2018. "Kalau ditanya hari ini dari 2017, mudah-mudahan angkanya terus naik, tapi kita lihat pertumbuhan aset kalau dibandingkan tahun 2016 itu sekitar 8% sekarang itu (sampai 2017) sudah doubel digit 10,59%, kredit penyaluran walaupun masih kecil sudah menunjukan peningkatan 8,5%," katanya.

"Jadi kalau ditanya kondisi saat ini sektor perbankan jauh lebih kuat, jauh lebih tahan terhadap krisis," tambahnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x