Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 16:38 WIB
 

Bursa Saham Eropa Bergerak Positif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 23 Januari 2018 | 17:57 WIB
Bursa Saham Eropa Bergerak Positif
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Pasar Eropa membukukan kenaikan yang solid pada awal perdagangan Selasa (23/1/2018), menyusul berita bahwa anggota parlemen telah mendapatkan kesepakatan untuk mengizinkan operasi pemerintah AS untuk beraksi lagi.

Indeks acuan Eropa, STOXX 600 naik 0,32 persen pada transaksi pagi, sementara hampir semua sektor diperdagangkan dalam kelompok hitam. Saat melihat ke bursa-bursa Eropa, indeks DAX Jerman melesat di depan rekan sejawatnya, naik 0,88 persen

Saham di Eropa mendapat dorongan pada hari Selasa, didukung oleh kinerja yang kuat di pasar Asia-Pasifik dan AS. Pada hari Senin, rata-rata industri Dow Jones mencapai level tertinggi sepanjang masa, menutup lebih dari 140 poin, setelah berita muncul bahwa Senat AS telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri penutupan pemerintah yang sedang berlangsung.

Beralih fokus kembali ke Eropa, perusahaan aksesoris komputer Logitech naik 4 persen setelah membukukan hasil keuangan terbarunya. Pada kuartal ketiga, perusahaan Swiss melihat penjualan naik menjadi US$812 juta, melonjak 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Saham juga didorong setelah menaikkan prospek setahun penuh.

Menempel dengan pemain top, maskapai penerbangan murah easyJet melihat total pendapatannya meningkat 14,4 persen pada kuartal pertama, mencapai 1,14 miliar poundsterling yang setara dengan US$1,59 miliar, membantu menaikkan harga sahamnya 6,5 persen.

Sementara itu, saat pengecer menghadapi kenaikan popularitas Amazon dan e-commerce online, Carrefour Prancis telah mengumumkan rencana transformasi 2022 untuk meningkatkan investasinya dalam e-commerce. Sekaligus membuka lebih banyak toko serba baru dan menjadi lebih menonjol di China Saham naik 4,5 persen.

Sisa dengan ruang ritel, Ocado turun ke dasar benchmark Eropa, mundur dari level tertinggi Senin, di mana pengecer online Inggris ditutup naik lebih dari 27 persen.

Di tempat lain, regulator kompetisi Inggris tersebut mengatakan kepada Rupert Murdoch bahwa pengambilalihan Sky senilai US$15 miliar tidak sesuai dengan kepentingan publik. Pemerintah, yang diharapkan membuat keputusan akhir mengenai kesepakatan ini, meminta Otoritas Kompetisi dan Pasar untuk menilai apakah Murdoch memiliki pengaruh yang terlalu besar di ruang media berita Inggris. Meski mendapat keputusan CMA, saham Sky naik 2,7 persen.

Di tempat lain, sumber daya dasar adalah sektor dengan kinerja terburuk, turun 0,85 persen karena harga logam turun, menimbang saham pertambangan.

CEO dan pemimpin politik ditetapkan untuk berkumpul di resor pegunungan Swiss, Davos, saat Konferensi Tahunan Forum Ekonomi Dunia akan berlangsung Selasa. Perdana Menteri India, Narendra Modi akan menyampaikan pidato pembukaan mulai pukul 10:15 GMT.

Brexit terus mengganggu pemerintah Inggris, dalam berita terakhirnya Senin, Whitehall mendapat kecaman dari para pemimpin bisnis karena gagal menerbitkan laporan bagaimana industri jasa keuangan Inggris akan terpengaruh oleh jalan keluar dari Uni Eropa.

Juga pada hari Selasa, Komisi Eropa dijadwalkan untuk merilis Indikator Keyakinan Konsumen Flash bulanannya.

Komentar

 
x