Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 23:42 WIB

Reksa Dana Saham Catat Pertumbuhan Tertinggi

Oleh : - | Selasa, 23 Januari 2018 | 01:26 WIB
Reksa Dana Saham Catat Pertumbuhan Tertinggi
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Perusahaan jasa penyedia informasi dan riset, PT Infovesta Utama mengemukakan kinerja reksa dana saham sejak awal tahun hingga 19 Januari 2018 mencatatkan pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan reksa dana jenis lainnya.

"Selama periode itu, rata-rata reksa dana saham yang tercermin pada Infovesta Equity Fund Index mencatatkan 'return' positif sebesar 2,42 persen," papar Analis PT Infovesta Utama, Viliawati dalam risetnya di Jakarta, Senin (22/1/2018).

Ia mengemukakan positifnya reksa dana saham itu diikuti indeks reksa dana campuran yag mencatatkan return sebesar 1,88 persen, indeks reksa dana pendapatan tetap sebesar 1,14 persen, dan indeks reksa dana pasar uang 0,23 persen.

"Dari 280 produk reksa dana saham, sebanyak 156 produk berhasil mencatatkan return yang lebih baik ketimbang IHSG yang menguat 2,13 persen year to date (ytd)," paparnya.

Ia mengatakan bahwa unggulnya kinerja reksa dana saham ditopang oleh kinerja beberapa sektor saham seperti pertambangan, properti dan industri dasar dan kimia yang melaju cukup kencang pada Januari 2018 ini.

Sementara itu kinerja reksa dana dalam sepekan atau periode 12-19 Januari 2018, Viliawati mengemukakan bahwa indeks reksa dana saham masih mencatatkan kinerja tertinggi, diikuti reksa dana campuran dan pendapatan tetap. Sementara indeks reksa dana pasar uang masih berada di posisi terakhir.

"Unggulnya kinerja reksa dana saham dan campuran ditopang oleh pasar saham yang menguat lebih tinggi dibandingkan pasar obligasi. Sementara di pasar obligasi, obligasi pemerintah tercatat mengalami kenaikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi korporasi," paparnya. [tar]

Komentar

Embed Widget

x