Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 22:22 WIB

Layanan Digital Pensiun, Taspen Gandeng Telkom

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Jumat, 19 Januari 2018 | 16:01 WIB
Layanan Digital Pensiun, Taspen Gandeng Telkom
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Taspen (Persero) bekerja sama dengan Telkom Group serta Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun.

Hadir dalam acara launching jajaran Direksi PT Taspen (Persero), jajaran Direksi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, jajaran Direksi PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma).

Launching ini merupakan perihal Pengembangan dan implementasi Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun.

"Adapun pemanfaatan teknologi melalui Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun meliputi Pengembangan Sistem New e-Dapem, dan penerapan Taspen Smartcard secara nasional di mitra bayar dengan menggunakan otentikasi online terpusat dengan berbasis data biometrik," kata CEO Telkomsigma Judi Achmadi di Hotel Novotel Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Dia bilang pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai bentuk proof of life (pembuktian penerima pensiun masih hidup) yang dapat diakses melalui aplikasi mobile, yang dapat diinstall pada smartphone (otentikasi mandiri self authentication) penerima pensiun atau mitra bayar sehingga dapat mempermudah proses otentikasi agar lebih cepat, dan akurat.

Dinamisnya perkembangan teknoiogi mendorong Taspen untuk memanfaatkannya dalam rangka mempermudah otentikasi peserta dan juga mempermudah dalam melakukan monitoring dan reporting terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun.

"Tentunya ini akan mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan, mempercepat layanan pensiun, penyajian laporan lebih cepat dan terukur, ini juga bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah dalam mengelola Dana Pensiun ASN sehingga meminimalisir terjadinya fraud," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Taspen Iqbal mengatakan Taspen memberikan nilai tambah melaiui Taspen Smartcard yang bertungsi tidak hanya sebagai Kartu identitas Pensiun, namun juga sebagai Kartu ATM dan Debit, dan Program Loyalty/ Diskon pada merchants.

"Melalui sinergi BUMN antara Taspen dan Telkom Group ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kinerja dan benefit kedua perusahaan, namun sekaligus memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia," kata Iqbal. [jin]

Komentar

x