Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 16:34 WIB
 

Meneropong Peluang di Saham-saham Agri 2018

Oleh : Ahmad Munjin | Rabu, 17 Januari 2018 | 05:03 WIB
Meneropong Peluang di Saham-saham Agri 2018
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Analis menyodorkan beberapa saham pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk sektor perkebunan di tahun 2018. Bagi investor yang cenderung defensif, pilih AALI dan LSIP sedangkan yang cenderung agresif, lirik saham ANJT dan PALM.

Daryl Yahya, Astronacci Fund Manager mengatakan, sektor agribisnis sudah mulai unjuk gigi di awal tahun 2018.Beberapa sahamyang diterbitkan emiten di sektor ini sudah mengalami kenaikan di bulan Januari ini.

Apakah sektor ini berpotensi menjadi primadona di tahun 2018? "Secara teknikal sektor agri sudah berada di bottom atau di supportnya, yang mana berpotensi untuk rebound dan membentuk tren bullish baru," kata Daryl kepada INILAHCOM, di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Hal tersebut, lanjut dia, juga didukung oleh adanya double bottom pattern yang terjadi pada tanggal 20 Desember 2017. "Pada tahun 2017 performa sektor ini bisa dibilang kurang baik, dengan penurunan sekitar 13.5% sampai penutupan tahun kemarin," papar dia.

Tahun 2018, lebih jauh dia menjelaskan, bisa menjadi tahun yang berbeda untuk sektor perkebunan."Harga CPO yang masih berada dalam tren bullish dapat menjadi indikator pendukung bangkitnya sektor Agribisnis," tandas dia.

Apalagi, kata Daryl, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) juga memprediksi bahwa harga CPO akan mencapai level US$710hingga US$720 di tahun 2018.

Sementara itu, dari sudut pandang Astronacci, lanjut dia, kenaikan yang cukup signifikan pada saham-saham perkebunan di tahun ini akan terlihat selama 2 (dua) pekandimulai saat Sun berpindah ke Aries dan juga pada saat mercury ada di virgo atau sekitar akhir Febuarihingga akhir Maret2018.

"Aspek dari planet mercury terhadap saturnus juga akan memberikan dampak signifikan yaitu sekitar awal Desember 2018," ucapnya.

Selanjutnya, Daryl, menyodorkan beberapa saham pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk sektor perkebunan di tahun 2018 ini.Untuk investor yang cenderung defensif dapat mempertimbangkansaham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI)dan PT PP London Sumatera Indonesia Tbk (LSIP).

"Sedangkan untuk investor yang cenderung agresif dapat melirik saham ANJT (PT Austindo Nusantara Jaya Tbk) dan PALM (PT Provident Agro Tbk)," tandas dia.

Saturn menjadi planet yang berperan penting dalam pergerakan harga saham AALI. Berdasarkan perhitungan ini, ada beberapa tanggal yang perlu diperhatikan, yaitu tanggal 21 Febuari 2018 dan tanggal 10 Desember 2018.

Kedua tanggal tersebutmemiliki power yang cukup signifikan dengan range pergerakan 4% hingga 6%. "Menurut saya skenario yang akan terjadi adalah AALI akan mengalami koreksi sampai tanggal 21 Febuari 2018, kemudian membentuk bottom dan kembali naik dengan potensi kenaikan 4%hingga 6%," ungkap Daryl.

Kesimpulannya, dia menegaskan,sektor perkebunan bisa menjadi pilihan untuk dimasukan kedalam portofolio saham di tahun 2018 ini.Selamat berinvestasi. [jin]

Komentar

 
x