Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 04:40 WIB
 

Bursa Saham Eropa Bergerak Naik Jelang Musim Laba

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 12 Januari 2018 | 17:44 WIB
Bursa Saham Eropa Bergerak Naik Jelang Musim Laba
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, London - Saham Eropa bergerak menguat pada awal perdagangan Jumat (12/1/2018). Investor mencerna pendapatan baru, data dan terobosan politik di Jerman.

Pan-European Stoxx 600 naik 0,12 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor bergerak ke wilayah positif. Sentimen tersebut didorong oleh para pemimpin partai koalisi Jerman yang mencapai terobosan dalam perundingan awal untuk membentuk pemerintahan baru.

Autos adalah sektor dengan kinerja terbaik, naik 1,3 persen dalam transaksi awal, dengan perusahaan otomotif multinasional Inggris GKN naik sebesar 20 persen. Yang terakhir menolak proposal akuisisi. Saham Fiat juga naik 2,7 persen setelah mengumumkan pada hari Kamis bahwa pihaknya akan memindahkan produksi truk pickupnya dari Meksiko ke Michigan pada 2020.

Perjalanan dan liburan juga bergerak lebih tinggi pada awal perdagangan menyusul peningkatan rating di sektor ini. Saham minyak dan gas turun paling awal pada Jumat karena harga turun dari level tertinggi multi tahun. Brent turun 0,5 persen, diperdagangkan pada US$68,91, dan WTI turun 0,9 persen pada US$63,23 per barel sekitar pukul 8:10 am waktu London.

Saham perbankan akan berada di radar investor pada hari Jumat karena mereka menunggu laporan pendapatan AS terbaru dari J.P. Morgan, Wells Fargo dan Blackrock.

Masih di dunia usaha, kelompok mewah Kering ingin membagikan 70 persen saham Puma kepada investor, menurut Reuters. Berita tersebut membuat saham Puma turun lebih dari 10 persen.

Di pasar mata uang, euro diperdagangkan 0,2 persen lebih tinggi terhadap dolar di US$1,2059 pada sekitar 8,15 am waktu London. Mata uang umum melonjak Kamis menyusul laporan hawkish dari Bank Sentral Eropa, di mana bank tersebut mengatakan bahwa pihaknya dapat meninjau kembali panduannya di awal tahun 2018.

Dari sisi data, angka inflasi di Spanyol mencapai level terendah sejak November 2016. Di Prancis, harga sedikit naik di bulan Desember dibandingkan bulan sebelumnya.

Komentar

 
x