Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 10:54 WIB

Tahun Ini Tahun Kebangkitan Minyak Dunia

Sabtu, 6 Januari 2018 | 10:45 WIB

Berita Terkait

Tahun Ini Tahun Kebangkitan Minyak Dunia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, HONG KONG - Ada kabar baik bagi industri migas nasional di tahun politik. Lantaran, harga minyak dunia diprediksi bakal terus membaik.

Dikutip dari CNBC, Jumat (5/1/2018), seorang manajer portfolio menyampaikan analisanya tentang membaiknya harga minyak dunia hingga US$80 per barel di tahun ini.

Membaiknya harga minyak dunia, tak luputu dari terjaganya produksi di kalangan negara-negara produsen utama minyak dunia. Alhasil, harga diprediksi bakal lebih stabil.

Kepala ekuitas Asia dari Natixis Asset Management, Yoon Chou Chong menyebutkan, pasar sudah mengantisipasi penawaran umum perdana saham raksasa minyak, yakni Saudi Aramco. "Saya rasa tahun ini adalah tahun kembalinya komoditas, termasuk minyak. Harga 80 dolar AS, bukan tidak mungkin terjadi," ujar Chong.

Chong memrediksi, komoditas akan menjadi obyek perdagangan yang paling diminati di sepanjang 2018. Dan, minyak dunia membuka perdagangan di 2018 dengan harga bertengger di atas US$60 per barel.

Angka tersebut merupakan harga awal tahun tertinggi sejak 2014. Acuan harga minyak internasional Brent maupun acuan harga minyak AS West Texas Intermediate (WTI) mengalami kenaikan, meski ada perpanjangan pemangkasan produksi oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan gelombang protes anti pemerintah di Iran.

Harga minyak terakhir kali menyentuh angka US$80 per barel pada November 2014. Sebelumnya, pada Juni 2014, harga minyak Brent maupun WTI anjlok dari di atas US$100 per barel. Bahkan, pada Januari 2016, harga minyak hanya US$30 per barel.

Hal ini disebabkan lemahnya permintaan, penguatan nilai tukar US$, serta meningkatnya produksi minyak serpih AS. Negara-negara anggota OPEC dan sejumlah negara produsen minyak utama dunia lainnya seperti Rusia telah memangkas produksi minyak mentah sejak Januari 2017. Pemangkasan akan diperpanjang hingga akhir 2018. [tar]

Komentar

x